Title:


STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA PULAU KOMODO,OLEH PT.KOMODO CIPTA WISATA TOUR AND TRAVEL DI KUTA BALI


Author:


Mail I NYOMAN PARTA(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rn.v2i2.1325| Abstract views : 431 | PDF views : 0

Abstract


PT. Komodo CiptaWisata Tour and Travel merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, khususnya jasa perjalanan wisata, dalam 5 tahun terakhir dan pada tahun 2017 perusahaan ini mengalami fluktuasi untuk penjualan paket wisata. Untuk itu penulisan membahas tentang strategi pemasaran paket wisata pulau komodo lingkungan internal dan eksternal dari PT. Komodo Cipta Wisata Tour and Travel dan juga untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan diterapkan sesuai dengan lingkungan internal dan eksternal dalam memasarkan paket wisatanya. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan menyebarkan kuisioner sebanyak 25 orang wisatawan, respon den untuk lingkungan internal dari perusahaan dan informan dari pihak manajemen perusahaan, untuk analisis lingkungan eksternal . Hasil data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yang di kombinasikan dengan analisis Skala Likert dan analisis SWOT. Berdasarkan analisis Skala Likert yang di lakukan terhadap lingkungan internal dan eksternal PT. Komodo Cipta Wisata Tour and Travel, dan dikombinasikan dengan analisis SWOT, diketahui suatu strategi pemasaran yang dapat diterapkan PT. Komodo Cipta Wisata Tour and Travel yaitu:

 

  1.      Strategi penciptaan dan pengembangan produk wisata.
  2.      Strategi peningkatan promosi.
  3.      Strategi peningkatan sumber daya manusia.
  4.      Strategi pengembangan segmentasi pasar.
  5.      Strategi peningkatan kualitas produk dan jasa.

 

Strategi Pemasaran, Lingkungan Pemasaran, Analisis SWOT. Dari lingkungan internal dan manajemen dari PT. Komodo Cipta Wisata Tour and Travel, lingkungan eksternal, dapat diketahui indicator kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, startegi pemasaran yang dapat diterapkan PT. Komodo CiptaWisata Tour and Travel yaitu strategi yang menghasilkan strategi penciptaan dan pengembangan produk wisata yang inovatif, strategi peningkatan promosi dan strategi peningkatan sumber daya manusia. Kata Kunci :Strategi Pemasaran Paket Wisata


Full Text:

##Full Text##

References


AuliaSangili (2016) dalam jurnalnya dengan Judul Strategi Pemasaran Paket Wisata Pada PT. Merrys Tour Service Tour and Travel.

I Gede Adhi Suputra Airmbawa P.G (2014), dalam Jurnalnya dengan Judul Startegi Pemasaran Paket Wisata Pada PT. Pandawa Lima Tour And Travel Indonesia di Denpasar.

Putu Geni Jaya Ksamawan (2014) dalam Jurnalnya dengan judul Strategi Pemasaran Paket Wisata Full Day di PT. Tour East Inodnesia

Herlita Br Taringan ( 2015) dalam Jurnalnya dengan judul Strategi Pemasaran Paket Wisata PT. USB Tour and Travel di Bali Denpasar.

Paradita Putri Amelia (2017) dalam Jurnalnya dengan judul Strategi Pemasaran Paket Wisata Pilgrim PT. Dogen Sahuta Tour And Travel.

Basu,Swastha & Irawan.2001.Manajemen Pemasaran Modren, Liberty Yogyakarta.

Sugiyono,2013 Metode logi penelitian Kuantitatif Dan R&D (Bandung ALFBTA)

Surmarni & seoprihanto .2010. Pengantar Bisnis (Dasar – dasar Ekonomi Perusahaan) Edisi ke.5 Yogyakarta

Neil Wearne Oka A Yoeti.Tour and Travel Marketing 2003:238 dalam pemasaran.

Suswantoro.2007. Dasar – dasar Ilmu Pariwisata.Yogyakarta

Oka.A Yoeti.2002.Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata Penerbit PT Pradnyaparamita, Jakarta.

Freddy Rangkuti.2001 Analisis SWOT Teknik Membedakan Kasus Bisnis PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Rangkuti, Ferddy (2006). Analisis SWOT teknik membelahkasus Bisnis. Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 505). Departemen Pendidikan Nasional Edisi ke-3.Balai Donald E. Lundberg, dkk. 1997. Ekonomi Pariwisata. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum

Lastana,I Made.1997.Peraturan Kepariwisataan.Sekolah Tinggi Parawisata Bali: Bali.

Oka A. Yoerti. 1997. Tours & Travel Management.Pradya Pramita :Jakarta.

Pendit S. Nyoman. 1994. Ilmu Parawisata Sebuah Pengantar perdana.

Pradya paraminta:Jakarta.Salah Wahab, 1997.Pemasaran Pariwisata, Jakarta : Pradnya Paramita




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rn.v2i2.1325

Article Metrics

Abstract view : 431 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.