Title:


ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BUBUK BALITA DI KOTA SEMARANG


Author:


Mail Riandhita Eri Werdani(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/rn.v2i2.1327| Abstract views : 162 | PDF views : 0

Abstract


Saat ini banyak sekali merek susu formula balita yang beredar di pasaran, menyebabkan semakin ketat persaingan bisnis perusahaan susu formula balita. Perusahaan susu formula harus dapat membuat stratiegi bauran pemasaran untuk memperebutkan potensi dipasaran. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisa bauran pemasaran (marketing mix) yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli susu bubuk balita di Kota Semarang dan mengetahui variabel yang paling berperan (dominan) pada setiap faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli susu bubuk balita di Kota Semarang. Metode analisis menggunakan analisis faktor. Populasi penelitian adalah semua pengambil keputusan pembelian susu bubuk balita di Kota Semarang. Sampel dilakukan secara Nonprobability dengan purposive sampling, total sampel sebanyak 100 responden. Dari analisis faktor dapat didapatkan lima faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian susu bubuk balita yang paling dominan adalah faktor iklan (total varian 18,31%), faktor produk (total varian 14,54%), faktor harga (total varian 10,32%), faktor promosi (total varian 8,67%), dan faktor pelayanan (total varian 8,54%).

 


Full Text:

##Full Text##

References


Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Kotler,Philip&Amstrong,Gary.(2014). Prinsip – prinsip Manajemen Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga

www.who.int. diakses pada Desember 2018

Tasya, A. (2008). Indonesia dan ASI. http://aimiasi.org. Diakses pada Desember 2018

www.semarangkota.bps.go.id diakses pada Desember 2018

Schiffman, Kanuk,and Wisenblit.(2013).Consumer Behavior,10Edition, Prentice Hall, Singapore

Cooper, D R. And Emory, C W. (1995). Business Research Methods, 5th edition, Richard D. Irwin Inc.

Fruchter, B. (1954). Introduction to Factor Analysis. D.van Nostrand Company,Ltd. New Tork.

Engel, J.F. et.al., (1994). Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara,Jakarta.Penerbit :Erlangga, Jakarta

Prasetijo, Ristiyanti & Ihalauw, John J.O.I. (2005). Perilaku Konsumen.Yogyakarta : Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rn.v2i2.1327

Article Metrics

Abstract view : 162 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Creative Commons License
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.