ANALISIS MARKETING MIX DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BUBUK BALITA DI KOTA SEMARANG
Abstract
Saat ini banyak sekali merek susu formula balita yang beredar di pasaran, menyebabkan semakin ketat persaingan bisnis perusahaan susu formula balita. Perusahaan susu formula harus dapat membuat stratiegi bauran pemasaran untuk memperebutkan potensi dipasaran. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisa bauran pemasaran (marketing mix) yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli susu bubuk balita di Kota Semarang dan mengetahui variabel yang paling berperan (dominan) pada setiap faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli susu bubuk balita di Kota Semarang. Metode analisis menggunakan analisis faktor. Populasi penelitian adalah semua pengambil keputusan pembelian susu bubuk balita di Kota Semarang. Sampel dilakukan secara Nonprobability dengan purposive sampling, total sampel sebanyak 100 responden. Dari analisis faktor dapat didapatkan lima faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian susu bubuk balita yang paling dominan adalah faktor iklan (total varian 18,31%), faktor produk (total varian 14,54%), faktor harga (total varian 10,32%), faktor promosi (total varian 8,67%), dan faktor pelayanan (total varian 8,54%).
Full Text:
##Full Text##References
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : Erlangga
Kotler,Philip&Amstrong,Gary.(2014). Prinsip – prinsip Manajemen Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga
www.who.int. diakses pada Desember 2018
Tasya, A. (2008). Indonesia dan ASI. http://aimiasi.org. Diakses pada Desember 2018
www.semarangkota.bps.go.id diakses pada Desember 2018
Schiffman, Kanuk,and Wisenblit.(2013).Consumer Behavior,10Edition, Prentice Hall, Singapore
Cooper, D R. And Emory, C W. (1995). Business Research Methods, 5th edition, Richard D. Irwin Inc.
Fruchter, B. (1954). Introduction to Factor Analysis. D.van Nostrand Company,Ltd. New Tork.
Engel, J.F. et.al., (1994). Consumer Behavior, Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto, Penerbit : Binarupa Aksara,Jakarta.Penerbit :Erlangga, Jakarta
Prasetijo, Ristiyanti & Ihalauw, John J.O.I. (2005). Perilaku Konsumen.Yogyakarta : Andi
DOI: https://doi.org/10.31002/rn.v2i2.1327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.