Title:


Pengaruh Perceived Organizational Support, Work Engagement, Affective Commitment, Workplace Bullying, dan Work-Related Fatigue terhadap Intention To Leave pada Perawat di Surakarta


Author:


Mail Asri Lakmi Riani(1*)
Mail Muhammad Cholil(2)
Mail Puspa Devi Maharani(3)
Mail Tria Hanieva(4)

(1) Universitas Sebelas Maret, 
(2) Universitas Sebelas Maret, 
(3) Universitas Sebelas Maret, 
(4) Universitas Sebelas Maret, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 99 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta menganalisis pengaruh Perceived Organizational Support, Work Engagement, Affective Commitment, Workplace Bullying, dan Work-Related Fatigue terhadap Intention to Leave pada Perawat di Surakarta. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, untuk mengetahui besaran kontribusi masing-masing varabel independen terhadap variabel dependen. Keseluruhan analisis regresi diuji dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 22. Data dikumpulkan melalui hasil penyebaran kuesioner pada Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Surakarta. Hasil pengujian terhadap 236 perawat di Surakarta yaitu perceived organizational support tidak mempengaruhi intention to leave, work engagement berpengaruh negatif signifikan terhadap intention to leave, affective commitment berpengaruh negatif signifikan terhadap intention to leave, workplace bullying berpengaruh positif signifikan terhadap intention to leave, work-related fatigue berpengaruh positif signifikan terhadap intention to leave.

Keywords


Perceived Organizational Support Work Engagement, Affective Commitment, Workplace Bullying, Work-Related Fatigue, Intention to Leave.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.