Title:


PENGUATAN SEKTOR LOGISTIK DALAM DISTRIBUSI DAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA SURAKARTA


Author:


Mail Johan Bhimo Sukoco(1*)

(1) Program Studi Manajemen dan Administrasi Logistik, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 94 | PDF views : 0

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seringkali terkendala dalam distribusi dan pemasaran. Hal ini tidak dapat terlepas dari sektor logistik yang idealnya harus bersinergi dengan UMKM dalam pengembangan jejaring. Data Logistic Performance Index (LPI) 2018 yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan posisi Indonesia di peringkat ke-46, meningkat dari tahun sebelumnya. Namun demikian, biaya logistik di Indonesia masih terlampau tinggi, mencapai 23,5 % pada tahun 2017 lalu. Penelitian ini fokus mengkaji sejauhmana penguatan sektor logistik dilakukan dalam rangka penguatan distribusi dan pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan analisis dokumen. Model analisis interaktif digunakan sebagai teknik analisis data. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan sektor logistik di Kota Surakarta belum optimal dalam mendukung pengembangan UMKM di Kota Surakarta. Sektor logistik belum bersinergi dengan baik dengan sektor perekonomian UMKM. Ironisnya, dari sebanyak 43.804 UMKM, hanya sebanyak 2.978 usaha saja yang sudah menjadi UMKM Binaan pemerintah setempat. Jadi, masih ada sekitar 93 % UMKM yang belum tersentuh pendampingan pemerintah. Kondisi ini diperparah dengan lemahnya pendampingan terkait logistik, distribusi dan pemasaran.

Keywords


logistik, UMKM, distribusi, pemasaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.