REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MERUPAKAN PELUANG DAN TANTANGAN BISNIS BAGI GENERASI MILENIAL DI INDONESIA
Abstract
Saat ini Indonesia mengadapi era Revolusi Industri 4.0, dimana rantai suplai bisnis terhubung secara digital yang berakibat penyederhanaan rantai suplai. Penelitian mengunakan metode kualitatif dan fokus pada studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pesatnya perkembangan bisnis utamanya UMKM dan Usaha Kreatif yang menggunakan teknologi digital di Indonesia. Era Revolusi Industri 4.0 bagi kaum milenial yang kreatif dan inovatif menjadi peluang dan tantangan dalam menjalankan bisnis di Indonesia. Peran serta pemerintah menjadi sangat krusial untuk membangun ekosistem yang mendukung serta memberikan fasilitas yang memadai baik berupa regulasi maupun sarana teknologi bagi bertumbuhnya UMKM dan Usaha Kreatif di Indonesia.
Keywords
Revolusi Industri 4.0, UMKM dan Usaha Kreatif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.