STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH “JAXEE ANYAMAN PANDAN”

Retnosari Retnosari, Ayunda Putri Nilasari, Erni Puji Astutik, Dinar Melani Hutajulu

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat Kebumen baik dalam memberikan lapangan kerja khususnya untuk warga sekitar maupun dalam hal menambah pendapatan perkapita masyarakat. UMKM “JAXEE” Anyaman Pandan merupakan salah satu UMKM yang sukses di Kabupaten Kebumen dengan produk yang dihasilkan berupa kerajian antara lain tas, kipas, paspor holder dan lain sebagainya sesuai permintaan konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan UMKM “JAXEE” Anyaman Pandan adalah word of mout (dari mulut kemulut) serta menggunakan media sosial (whatsapp, facebook, dan instagram), selain itu UMKM “JAXEE” Anyaman Pandan juga telah membuka website pribadi. Harga produk UMKM “JAXEE” Anyaman Pandan beragam sesuai dengan jenis dan ukuran (zize). Saluran distribusi yang dilakukan UMKM “JAXEE” Anyaman Pandan adalah distribusi langsung yaitu pemesanan produk dilakukan secara langsung atau bertatap muka. Pemesanan juga dapat dilakukan melalui telephone maupun melalui whatsapp. Untuk pengiriman dilakukan melalui jasa pengiriman paket seperti JNE, JNT, Kantor Pos dan lain sebagainya sesuai permintaan konsumen. Sistem pembayaran dilakukan secara langsung atau bisa melalui transfer bank.

Keywords


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), “Jaxee Anyaman Pandan, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.