Strategi Pemberdayaan dan Kontribusi UMKM Menghadapi Ekonomi Digital
Abstract
UMKM di Indonesia meski memiliki peran penting, namun perkembangannya selama ini masih terdapat permasalahan dan kendala di era ekonomi digital. Berbagai masalah dan tantangan khususnya bagi pelaku usaha mikro dan kecil mengarahkan upaya pemerintah dan perbankan dalam pemberdayaan difokuskan pada penanganan dua isu strategis pertumbuhan usaha dengan peningkatan IPTEK dan daya saing. Metode penelitian dalam karya ilmiah ini adalah kualitatif deskriptif eksploratif dengan menganalisis strategi pemberdayaan dan kontribusi UMKM di era ekonomi digital. Karya ilmiah ini juga dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kajian litelatur atau studi pustaka dengan merujuk dari beberapa sumber seperti buku dan jurnal ilmiah. Usaha pemerintah Indonesia untuk mengembangkan UMKM yang mampu berdaya saing yaitu dengan memberikan fasilitas UMKM go online untuk menghasilkan 8 Juta UMKM yang mampu masuk ke dalam platform pasar online. Pihak perbankan memberikan pengarahan KUR dan informasi tentang uang digital dari produk perbankan tersebut yang dapat memudahankan transaksi di era ekonomi digital saat ini.
Keywords
UMKM, pemberdayaan, kontribusi, ekonomi digital
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.