Title:


The Development of SME In the Digital Era In the National Economy


Author:


Mail Aula Nurul Ma’rifah(1*)
Mail Umi Rohmah(2)

(1) Graduate students at State Islamic University of Raden Intan Lampung, 
(2) Graduate students at State Islamic University of Raden Intan Lampung, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 77 | PDF views : 0

Abstract


Iklim bisnis di era digital menimbulkan kompetisi yang tidak dapat di prediksi dengan mudah. Selain itu, hubungan antara kehidupan sehari-hari masyarakat dan digitalisasi hampir tidak dapat dipisahkan termasuk dalam melakukan kegiatan bisnis. Pelaku usaha yang melakukan kegiatan bisnisnya dengan ruang lingkup makro maupun mikro akan menghadapi tantangan yang berat terutama ketika pelaku usaha tidak mampu untuk menghadapi era digital. Dalam era digital yang global, perkembangan tersebut ditunjukkan dengan munculnya e-commerce dengan bentuk aplikasi digital dengan lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia. Artinya, dalam hal ini pelaku usaha terutama UMKM (Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah) harus mampu melihat perkembangan di era digital ini sebagai tantangan maupun sebagai peluang. UMKM yang dapat melihat perkembangan digital sebagai peluang akan mampu mengembangkan sayap bisnisnya melalui digital dengan cepat tanpa terhambat batas yurisdiksi dan mampu memperkuat perekonomian nasional.


Keywords


E-Commerce, Digitization, SME

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.