Title:


ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA BISNIS PADA UKM DI KEBUMEN


Author:


Mail Ika Susilowati(1*)
Mail Eni Kaharti(2)

(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 104 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi antar fungsi, inovasi terhadap kinerja bisnis pada UKM di Kebumen. Data penelitian diperoleh dari pelaku usaha UKM untuk menguji secara ilmiah apakah orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi antar fungsi, inovasi mempengaruhi kinerja bisnis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 UKM di Kabupaten Kebumen yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan program statistic computer SPSS 21.0 for windows.  Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan koordinasi antar fungsi berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Sedangkan orientasi pesaing dan inovasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja bisnis.

Keywords


UKM, kinerja bisnis, Orientasi Pasar, inovasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.