Title:


Determinan Perilaku Beli Produk Hijau


Author:


Mail Muhammad Hafiz Alfarizi(1*)
Mail Waluyo Budi Atmoko(2)
Mail Ariefah Yulandari(3)

(1) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perilaku beli produk hijau. Perilaku beli produk hijau disebabkan oleh niat beli produk hijau. Niat beli produk dipengaruhi oleh sikap terhadap produk hijau, perhatian terhadap lingkungan dan keefektifan konsumen persepsian. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat Surakarta secara purposive sebanyak 200 sampel. Uji hipotesis menggunakan analisis permodelan persamaan struktur (Strultural Equation Modelling-SEM) dan Uji analisis regresi logistik. Hasil penelitian mendapatkan hasil niat beli produk hijau berpengaruh positif terhadap perilaku beli produk hijau. Sikap terhadap produk hijau berpengaruh positif terhadap niat beli produk hijau.Keefektifan konsumen persepsian berpengaruh positif terhadap niat beli produk hijau. Keefektifan konsumen persepsian berpengaruh positif terhadap sikap terhadap produk hijau. Perhatian terhadap lingkungan berpengaruh positif terhadap niat beli produk hijau, Perhatian terhadap lingkungan berpengaruh positif terhadap sikap produk temuan ini dapat menjadi masukan bagi institusi bisnis dalam menumbuhkan pasar yang meningkatkan perlindungan dan perbaikan kualitas lingkungan dengan meningkatkan produksi produk ramah lingkungan.Perusahaan dengan produk ramah lingkungan khususnya produk disinfektan alami harus lebih gencar dalam melakukan promosi serta penyebaran informasi produk ramah lingkungan dengan menunjukkan manfaat bagi konsumen serta dampak yang terhadap lingkungan, karena tidak sedikit juga konsumen yang belum mengetahui produk disinfektan alami. Perhatian kelingkungan berpengaruh positif terhadap niat beli produk hijau, Perhatian kelingkungan berpengaruh positif terhadap sikap produk temuan ini dapat menjadi masukan bagi institusi bisnis dalam menumbuhkan pasar yang meningkatkan perlindungan dan perbaikan kualitas lingkungan dengan meningkatkan produksi produk ramah lingkungan.Perusahaan dengan produk ramah lingkungan khususnya produk disinfektan alami harus lebih gencar dalam melakukan promosi serta penyebaran informasi produk ramah lingkungan dengan menunjukkan manfaat bagi konsumen serta dampak yang terhadap lingkungan, karena tidak sedikit juga konsumen yang belum mengetahui produk disinfektan alami. Perhatian kelingkungan berpengaruh positif terhadap niat beli produk hijau, Perhatian kelingkungan berpengaruh positif terhadap sikap produk temuan ini dapat menjadi masukan bagi institusi bisnis dalam menumbuhkan pasar yang meningkatkan perlindungan dan perbaikan kualitas lingkungan dengan meningkatkan produksi produk ramah lingkungan.Perusahaan dengan produk ramah lingkungan khususnya produk disinfektan alami harus lebih gencar dalam melakukan promosi serta penyebaran informasi produk ramah lingkungan dengan menunjukkan manfaat bagi konsumen serta dampak yang terhadap lingkungan, karena tidak sedikit juga konsumen yang belum mengetahui produk disinfektan alami. perhatian terhadap lingkungan berpengaruh positif terhadap sikap terhadap produk hijau temuan ini dapat menjadi masukan bagi institusi bisnis dalam menumbuhkan pasar yang meningkatkan perlindungan dan perbaikan lingkungan dengan meningkatkan produksi produk ramah lingkungan.Perusahaan dengan produk ramah lingkungan khususnya produk disinfektan alami harus lebih gencar dalam melakukan promosi serta penyebaran informasi produk ramah lingkungan dengan menunjukkan manfaat bagi konsumen serta dampak yang terhadap lingkungan, karena tidak sedikit juga konsumen yang belum mengetahui produk disinfektan alami. perhatian terhadap lingkungan berpengaruh positif terhadap sikap terhadap produk hijau temuan ini dapat menjadi masukan bagi institusi bisnis dalam menumbuhkan pasar yang meningkatkan perlindungan dan perbaikan lingkungan dengan meningkatkan produksi produk ramah lingkungan.Perusahaan dengan produk ramah lingkungan khususnya produk disinfektan alami harus lebih gencar dalam melakukan promosi serta penyebaran informasi produk ramah lingkungan dengan menunjukkan manfaat bagi konsumen serta dampak yang terhadap lingkungan, karena tidak sedikit juga konsumen yang belum mengetahui produk disinfektan alami.

Kata Kunci : Perilaku Beli Produk Hijau, Niat Beli Produk Hijau, Sikap Terhadap Produk Hijau, Keefektifan Konsumen Persepsian, Perhatian Kelingkungan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.