Title:


PENGARUH CITRA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEEFEKTIFAN PENGOBATAN PADA KESETIAAN DIMEDIASI KEPUASAN PASIEN


Author:


Mail Rahmad Akbar(1*)
Mail Waluyo Budi Atmoko(2)
Mail Finisha Mahaestri Noor(3)

(1) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan - Penelitian ini berujuan untuk menguji pengaruh variabel kesetiaan pasien. Kesetiaan pasien disebabkan oleh kepuasan pasien. Kepuasan pasien di pengaruhi oleh citra rumah sakit, kualitas pelayanan, keefektifan pengobatan.

 

Desain / metodologi / pendekatan- Data diperoleh melalui kuisioner yang dibagikan kepada masyarakat Surakarta yang sudah pernah berobatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta secara cluster. Teknik penyampelan yang digunakan yang itu Purposive sampling sebanyak 200 responden. Uji hipotesis menggunakan analisis permodelan persamaan struktural (Structural Equation ModellingSEM).

 

Temuan - Hasil penelitian mendapatkan hasil kepuasan pasien berpengaruh positif terhadap kesetiaan pasien. Citra rumah sakit berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Keefektifan pengobatan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Kepuasan pasien memediasi hubungan antar citra rumah sakit, kualitas pelayanan dan keefektifan pengobatan terhadap kesetiaan pasien.

 

Implikasi praktis- Temuan akan membantu memberi masukan bagi Rumah Sakit untuk pelayanan kesehatan lainnya dalam mengembangkan pangsar pasar dengan meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Studi ini akan mendorong manajemen rumah sakit untuk memberikan perhatian terhadap kualitas sistem layanan kesehatan dan perbaikan terhadap layanan kesehatan yang kurang memadai. Selain itu, penelitian ini akan menyajikan gambaran yang jelas tentang sikap perilaku; kepuasan dan loyalitas niat terhadap citra, kualitas pelayanan, keefektifan pengobatan.

 

Orisinalitas / nilai- Studi ini memberikan pandangan dan persepsi pasien terhadap citra,kualitas pelayanan, keefektifan pengobatan. Dimensi citra, yaitu, reputasi, kredibilitas, harga. Dimensi kualitas pelayanan kesehatan, yaitu, lingkungan fisik, lingkungan yang ramah pelanggan, komunikasi. Dimensi keefektifan pengobatan, yaitu, pengobatan efektif, pengobatan dapat diandalkan, pengobatan dan resep. Citra, kualitas pelayanan dan keefektifan pengobatan diuji untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien.

 

Keywords: Kesetiaan Pasien, Kepuasan Pasien, Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan, Keefektifan Pengobatan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.