Title:


Determinan Transfer Kelekatan Influencer Media Sosial Dalam Industri Kecantikan


Author:


Mail Rahayu Utami(1*)
Mail Waluyo Budi Atmoko(2)
Mail Ariefah Yulandari(3)

(1) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pertukaran bisnis umumnya terjadi secara langsung antara pemasar dan pembeli. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan diperkuat situasi pandemi Covid 19, maka pertukaran bisnis banyak dilakukan melalui mediasi internet. Studi ini menguji determinan  transfer kelekatan influencer media sosial dalam industri kecantikan. Transfer kelekatan disebabkan oleh kelekatan. Kelekatan dipengaruhi oleh pemenuhan kebutuhan idealitas, yang dipengaruhi oleh inspirasi, pemenuhan kebutuhan keterkaitan yang dipengaruhi oleh kesamaan, dan pemenuhan kebutuhan kompetensi yang dipengaruhi oleh keinformatifan. Pengambilan data menggunakan kuisioner secara online pada konsumen wardah yang aktif di media sosial sebanyak 200 responden. Uji hipotesis menggunakan analisis permodelan persamaan structural (Strultural Equation Modelling-SEM) menunjukkan kelekatan influencer dengan merek menjadi penentu dalam menciptakan transfer kelekatan yang dipengaruhi oleh Pemenuhan kebutuhan idealitas, pemenuhan kebutuhan keterkaitan, pemenuhan kebutuhan kompetensi, inspirasi, kesamaan dan keinformatifan. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pelaku usaha di bidang industri kecantikan dalam strategi pemasaran menggunakan influencer media sosial yang dinilai memiliki pengaruh yang kuat dan efektif dalam memasarkan produk.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.