Title:


ANTESEDEN PERILAKU KONSUMEN SADAR LINGKUNGAN


Author:


Mail Elmasari Kristiani Sihole(1*)
Mail Waluyo Budi Atmoko(2)
Mail Ariefah Yulandari(3)

(1) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Setia Budi Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Masalah kelingkunganan berawal dari konsumsi rumah tangga, bahkan dapat dikatakan konsumsi rumah tangga adalah ibu dari seluruh masalah kelingkunganan (Barbarosa dan De Pelsmacker, 2014). Dalam kebanyakan negara industri, 60 persen dampak kelingkunagan disebabkan konsumsi rumah tangga ini. Perilaku individu maupun konsumsi rumah tangga merupakan penghasil utama dampak lingkungan. Hal ini dimungkinkan karena pertumbuhan populasi dunia dan penggunaan sumber daya tumbuh lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, dalam upaya menghindarkan kerusakan lingkungan, maka perlu ditekankan kepada masyarakat pentingnya mengonsumsi produk ramah lingkungan. Produk ramah lingkungan diciptakan untuk mengurangi tingkat kerusakan lingkungan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perilaku sadar lingkungan. Perilaku sadar lingkungan disebabkan oleh niat membeli produk ramah lingkungan, pengetahuan lingkungan, keefektifan konsumen persepsian. Pengetahuan lingkungan juga berpengaruh terhadap niat membeli dan perilaku sadar lingkungan. Niat membeli produk ramah lingkungan dipengaruhi oleh kepedulian terhadap lingkungan dan kepercayaan pribadi persepsian


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.