Title:


EVALUASI TRANSPORTASI ANGKUTAN UMUM PEDESAAN KABUPATEN MAGELANG


Author:


Mail Orcid A Sudarno(1*)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 1 | PDF views : 0

Abstract


Kondisi transportasi di Kabupaten Magelang dalam hal angkutan umum pedesaan menurut masyarakat masih mengalami beberapa kendala, seperti lamanya menunggu angkutan pedesaan dan jam operasi untuk masyarakat berpindah tempat. Dengan demikian maka tujuan peneitian ini adalah mengevaluasi transportasi angkutan umum pedesaan di Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam evaluasi ini yaitu dengan metode analisis deskriptif dan metode departemen perhubungan 2002, yang akan menghasilkan gambaran tingkat pelayanan menurut pengguna angkutan umum pedesaan dan biaya langsung dan tidak langsung yang berdasar pada BOK (Biaya Opersional Kendaraan). Dari hasil penelitian didapatkan pengguna angkutan umum pedesaan yang melakukan perjalanan paling banyak berkisar antara 10 – 20 tahun dengan mayoritas anak sekolah dengan tujuan paling banyak ke rumah yang berjumlah 41 orang (41%). Tingkat pelayanan angkutan berdasarkan survei masyarakat terbilang memuaskan (85%) dan BOK setiap angkutan juga sudah mendapat keuntungan dari tarif yang berlaku, namun saat ini waktu dan jangkauan wilayah operasi angkutan masih menjadi keluhan masyarakat. Serta banyaknya kepemilikan moda lain seperti sepeda motor juga berpengaruh terhadap menurunnya minat pengguna angkutan umum pedesaan.


Keywords


angkutan umum pedesaan, analisa desktiptif, biaya operasional kendaraan (BOK)

Full Text:

PDF

References


A, Ashfiak. ‘Merosotnya Transportasi Angkutan Umum Pedesaan Kabupaten Lamongan Pada Tahun 1994-2017’, e-Journal Pendidikan Sejarah, Volume 6, No. 2, Juli 2018.

W, H, Febrianto, S, Putro, dan Hariyanto, ‘Trayek Angkutan Umum Untuk Mengoptimalkan Interaksi Desa Kota di Kabupaten Boyolali’, ISSN 2252-6285, 2017.

P, A, Suthanaya dan N, T, Putra, ‘Analisis Kelayakan Finansial Pengoperasian Angkutan Sekolah Di Kota Denpasar (Studi Kasus Sekolah Raj Yamuna) (030T)’, Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7), 2017.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217