Title:


Penerapan Logika Fuzzy dan Profile Matching pada Teknologi Informasi Kesesuaian Antibiotic Berdasarkan Diare Akut Anak


Author:


Mail Google Scholar Agus Wantoro(1*)

(1) Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penyakit diare merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia, dengan tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut, khususnya yang terjadi pada anak-anak. Diare yang sering terjadi di Indonesia yaitu jenis diare akut, yang bisa berbahaya jika anak mengalami dehidrasi. Upaya menurunkan tingkat kematian karena diare perlu tata laksana yang cepat dan tepat. Salah satu tatalaksana pengobatannya yaitu pemberian terapi antibiotik. Pemberian terapi antibiotik untuk pasien diare akut anak yang kurang tepat merupakan salah satu tantangan dalam bidang kesehatan. Pada penelitian ini, menggunakan Logika Fuzzy dan Profile Matching untuk kesesuaian obat antibiotik berdasarkan kondisi pasien diare akut anak. Teknologi informasi yang diusulkan mengevaluasi kondisi kesehatan pasien anak berdasarkan parameter yang diberikan oleh pakar, dan menghasilkan rekomendasi pemberian jenis obat antibiotik pada anak.  Bedasarkan hasil pengujian dan validasi yang telah dilakukan oleh pakar, teknologi yang diusulkan diperoleh dengan nilai akurasi sebesar 70%, persisi 67% dan recall 80%. Hal tersebut membuktikan bahwa metode yang diusulkan dapat memberikan rekomendasi pemberian jenis obat antibiotik secara tepat. Hasil penelitian ini dapat membantu Dokter / tenaga medis dalam pemberian obat yang tepat terhadap pasien diare akut anak

Keywords


Teknologi Informasi, Fuzzy, Profile Matching, Antibiotik, Anak

Full Text:

PDF

References


J. Trianto, “Penerapan Metode Forward Chaining untuk Diagnosa Penyakit Diare pada Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Mobile Android,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 2, p. 98, 2018.

Riskesdas, “Hasil Utama Riskesdas Tentang Prevalensi Diabetes Mellitus di Indonesia 2018,” Has. Utama Riskesdas Tentang Prevalensi Diabetes Melitus di Indones. 2018, p. 8, 2018.

A. Megawati and D. F. Sari, “Rasionalitas Penggunaan Antibiotik Untuk Pengobatan Diare Pada Pasien Anak Di Instalasi Rawat Inap Rsud Raa Soewondo Pati Tahun 2017,” Cendekia J. Pharm., vol. 2, no. 1, pp. 68–80, 2018.

U. Zein, “Diare Akut Disebabkan Bakteri,” Univ. Sumatera Utara, no. January 2004, 2004.

R. Singh, L. M. Hospital, S. A. Pathology, and F. Medical, “Gastroenterological Society of Australia (GESA) Australian Gastroenterology Week (AGW) ‘The Universe Within’, Adelaide Convention Centre, Adelaide, South Australia, 8-10 September 2019,” J. Gastroenterol. Hepatol., vol. 34, no. c, pp. 5–238, 2019.

Depkes, “Manual Rekam Medis - Konsil Kedokteran Indonesia,” in Buku Manual Rekam Medis, Pertama., vol. Depkes. (2, Sjamsuhidajat, Ed. Jakarta, 2006, p. 23.

K. E. Trisnowati, S. Irawati, and E. Setiawan, “Kajian Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Diare Akut Di Bangsal Rawat Inap Anak,” J. Manaj. DAN PELAYANAN Farm. (Journal Manag. Pharm. Pract., vol. 7, no. 1, p. 16, 2017.

Z. Niswati, “Aplikasi Fuzzy Inference System (FIS) Metoda Mamdani dalam Diagnosa Penyakit Liver (Hati),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

C. Mathworks, Fuzzy Logic Toolbox, 2nd ed. US: The MathWorks, Inc, 2010.

Binus, “Arsitektur dan Infrastruktur Teknologi Informasi,” https://sis.binus.ac.id/, 2014. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2014/04/23/arsitektur-dan-infrastruktur-teknologi-informasi/. [Accessed: 19-May-2020].

H. Ari Suhartanto, Kusrini, “Decision Support System Untuk Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Profile Matching,” J. Komput. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 149–158, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217