Title:


RESPON MAHASISWA VOKASI TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN KAHOOT PADA MATERI PARAMETER LIMBAH CAIR


Author:


Mail Almira Ulimaz(1*)
Mail Orcid Dwi Kameluh Agustina(2)

(1) Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut, Indonesia
(2) Universitas Islam Balitar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pendidikan vokasi merupakan pendidikan berbasis keterampilan siap kerja. Pembelajaran juga lebih menekankan kepada praktik langsung tanpa melupakan pentingnya pemberian teori di kelas. Oleh sebab itu, materi parameter limbah cair yang dinilai cukup sulit untuk dipelajari oleh mahasiswa juga harus diajarkan sebagai bagian dari mata kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Penggunaan aplikasi Kahoot dimaksudkan agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penilaian pada beberapa materi tertentu termasuk materi parameter limbah cair dilakukan menggunakan cara biasa atau umum menggunakan lembar jawaban dan melalui aplikasi ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Kahoot. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut tahun akademik semester Ganjil 2019–2020. Instrumen penelitian adalah angket respon. Data hasil penelitian diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih menyenangi pembelajaran dan penilaian kuiz pada materi parameter limbah cair dengan Kahoot dibandingkan dengan yang menggunakan cara biasa. Rerata angka yang diperoleh dari angket menyatakan sebesar 4,394 mahasiswa menyatakan suka terhadap pembelajaran menggunakan Kahoot, sedangkan rerata angka yang diperoleh dengan pembelajaran cara biasa hanya sebesar 1,818. Hal ini terbukti bahwa mahasiswa di kampus Vokasi lebih menyenangi perkuliahan yang terdapat aplikasi seperti Kahoot didalamnya untuk membuat kegiatan belajar mengajar semakin menyenangkan.

Keywords


kahoot, respon, limbah, vokasi

Full Text:

PDF

References


A. Rahmawati, M Husnadi, M.I Haj. “Implementasi KAHOOT sebagai Instrumen Tes Pembelajaran Fisika di Era Digital”

in 2019 SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, SENDIKA Universitas Ahmad Dahlan 2019. Vol. 3, pp. 23-34

A. R. Putri, M. A. Muzakki. “Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial Kudus, 2019. pp 218-223.

Irwanto, D.Wahyudi, N.Fitra. “Hubungan Preferensi Gaya Belajar Visual, Auditori Dan Kinestetik Dengan Prestasi Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik LP3I MEDAN”. Jurnal Bisnis Administrasi Vol. 05, No. 01. pp. 69-88, 2016.

I. R. G. Barus, T. Soedewo, “Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi – Institut Pertanian Bogor” in 2018 Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal, SNT2BKL, pp. 589-595

N.H. Ilmiyah, M.S.Sumbawati. “Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. JIEET: Vol 03 No. 01. pp. 46-50, 2019.

Prapdopo, Fariyanti. Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Eksis. Vol. 12, No. 1, pp 3214 – 3345, 2016


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217