Title:


PENGARUH GRADASI AGREGAT DENGAN METODE MODIFIED TOUFAR MODEL TERHADAP KINERJA MEKANIK MICRO-SURFACING


Author:


Mail Hery Awan Susanto(1*)

(1) Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Micro-surfacing atau bubur aspal emulsi adalah campuran aspal emulsi dengan agregat bergradasi baik, filler mineral, air, dan aditif yang dicampur pada suhu lingkungan sekitar (ambien). Micro-surfacing merupakan lapisan tipis paling atas dengan tebal 10 mm yang berfungsi memberikan kerataan permukaan, meningkatkan kekesatan, dan melindungi lapisan lainya dalam struktur perkerasan jalan. Penggunaan micro-surfacing dalam struktur perkerasan jalan mendukung program jalan ramah lingkungan, karena terbukti mampu menurunkan konsumsi energi dan emisi CO2. Dari beberapa komponen penyusun micro-surfacing, gradasi agregat merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja mekanik micro-surfacing. Salah satu metode menentukan gradasi agregat adalah dengan teori packing degree dari modified toufar model. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh gradasi agregat dengan teori packing degree dengan modified toufar model terhadap kinerja mekanik micro-surfacing. Pengujian terhadap micro-surfacing dilakukan sesuai dengan prosedur The International Slurry Surfacing Association (ISSA) A143 dan American Society for Testing and Materials (ASTM) D3910. Parameter rutting, bleeding, dan stripping dianalisis untuk mengetahui kinerja mekanik micro-surfacing. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa teori packing degree dengan modified toufar model dapat digunakan sebagai parameter desain dalam menentukan gradasi agregat yang terbaik. Packing degree yang menghasilkan kinerja mekanik micro-surfacing terbaik dalam penelitian ini adalah sebesar 96,23.

Keywords


micro-surfacing, kinerja mekanik, gradasi agregat, packing degree

Full Text:

PDF

References


Broughton, B., S.-J. Lee, and Y.-J. Kim, “30 years of micro-surfacing: a review,” ISRN Civil Engineering, 2012, 1-7. doi: 10.5402/2012/279643, 2012.

Uhlman, B. W. and P. Saling, “Measuring and communicating sustainability through eco-efficiency analysis,” Chemical Engineering Progress, 106(12), 17-26, 2010.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217