Title:


RANCANG BANGUN MOBIL MINICAR UNTUK PROTOTIPE KENDARAAN PERKOTAAN DI SURAKARTA


Author:


Mail Onery Andy Saputra(1*)

(1) Politeknik Indonusa Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kepadatan jalanan di Kota Surakarta semakin tinggi, sehingga tingkat kemacetan terjadi diberbagai jalur. Kemacetan ini dikarenakan jumlah kendaraan bermotor roda 4 semakin diminati masyarakat untuk membantu akses mobilitas masyarakat. Namun penggunaan kendaraan bermotor roda 4 sangat tidak efisien apabila hanya digunakan oleh 1 orang. Sehingga diperlukan jenis kendaraan bermotor yang kecil untuk menampung 1 orang namun kemampuannya seperti mobil.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui rancangan bangun mobil minicar apakah sudah sesuai dengan kebutuhan untuk masyarakat. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah dengan cara pengumpulan data melalui survey, kuisioner, wawancara dan studi pustaka, dan dilanjutkan dengan pengolahan data, pembuatan produk, uji coba dan analiss produk. Hasil dari penelitian ini didapatkan dimensi produk food truck adalah 300 x 1230 x 1800 mm dengan motor penggerak 200 cc. Simpulan dari penelitian ini yaitu rancang bangun mobil minicar belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya untuk bagian interior, sehingga masih perlu dimodifikasi. Implikasi yang didapat dari penelitian ini desain dan produk mobil minicar yaitu mampu mengetahui desain yang diminati masyarakat.


Keywords


minicar; prototype

Full Text:

PDF

References


“Surakarta Merupakan Kota Pusaka – Pemerintah Kota Surakarta.” [Online]. Available: http://surakarta.go.id/?p=5795. [Accessed: 13-Jul-2020].

“Ada 200.000 Kendaraan Baru Berpelat AD Solo Tahun Ini, Awas Macet!” [Online]. Available: https://m.solopos.com/ada-200-000-kendaraan-baru-berpelat-ad-solo-tahun-ini-awas-macet-877025. [Accessed: 13-Jul-2020].

“Lalu Lintas Mobil Bertambah 5.979 Unit Saat Hujan, Solo Makin Macet!” [Online]. Available: https://www.solopos.com/lalu-lintas-mobil-bertambah-5-979-unit-saat-hujan-solo-makin-macet-1047991. [Accessed: 13-Jul-2020].

O. A. Saputra, PENGOPERASIAN MESIN CETAK 3D. Wade Publisher, 2019.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217