Title:


PERENCANAAN PLTS UNTUK BISNIS INDEKOS RAMAH LINGKUNGAN


Author:


Mail Nula Rusdiana(1*)
Mail Deria Pravitasari(2)
Mail Sapto Nisworo(3)

(1) universitas tidar, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Menurut data statistik PLN, kebutuhan energi terus meningkat setiap tahun. Meningkatnya energi menyebabkan ketidakseimbangan dengan ketersediaan sumber pembangkit konvensional yang menggunakan fosil. Ketidakseimbangan itu dapat menyebabkan krisis energi. Agar tidak terjadi kelangkaan energi akibat Menipisnya cadangan energi fosil, maka perlu mengembangkan dan memanfaatkan potensi energi terbarukan. Energi terbarukan di indonesia yang memiliki potensi diantaranya yaitu pembangkit listrik tenaga surya. Pada penelitian ini akan melakukan perancangan pembangkit listrik tenaga surya pada indekost yang berada di Magelang yang menyewakan 18 Kamar untuk mahasiswa. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu dengan pengumpulan data, mengolah data , menganalisis perencanaan PLTS. Hasil perencanan PLTS ini menunjukkan total daya pada rumah indekos adalah 7.768 watt, dengan energi total per-hari sebesar 80.958Kwh. kemudian jumlah total solar panel sebanyak 70 unit 240 WP monocrystal,  inverter 1 unit, dan kwh exim, dengan total biaya rencana yang dibutuhkan sebesar Rp283.887.500, dan waktu pengembalian investasi dengan jangka 6,2 tahun. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan panel surya  untuk kebutuhan listrik pada rumah indekos layak, mengingat penggunaan panel bisa mencapai 25 tahun.

Kata kunci : Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Energi Terbarukan, photovoltaic array, Payback.


Keywords


Pembangkit Listrik Tenaga Surya; Energi Terbarukan;photovoltaic array;Payback.

Full Text:

PDF

References


Bayu Agung Kencana, Panduan Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat, Jakarta Selatan: Rida Mulyana, 2018.

Abdul kodir al bahar dan Chandar Kusuma Wijaya Kusumah, “Perencanaan PLTS untuk Rumah Tinggal dengan Kapasitas Daya Terpasang 450 VA,” Jurnal Ilmiah Elekrokrisna, vol. 9, no. 2, pp. 2302-4712, Januari 2021.

M. Rif’an, dkk “Optimasi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Matahari di Jurusan Teknik Elektro Universitas,” Jurnal EECCIS, vol. 6, no. 1, june 2012.

S.G. Ramadhan Ch. Rangkuti, “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Atap Gedung Harry Hartono Universitas Trisakti,” Seminar Nasional Cendekiawan, pp. 2460-8696, 2016.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 19/2016 tentang pembelian tenaga listrik daro pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217