Title:


ANALISIS PENYEBAB KERUSAKAN JALAN TERHADAP STRUKTUR PERKERASAN LENTUR SERTA PENANGANNYA PADA RUAS JALAN JEPARA-BANGSRI


Author:


Mail Dina Amalia Fatma(1*)
Mail Evi Puspitasari(2)
Mail Fajar Susilowati(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Ruas Jalan Jepara-Bangsri merupakan jalan provinsi atau jalan kolektor yang menghubungkan Kabupaten Jepara dengan Kabupaten Pati. Jalan ini memiliki beban Lalu lintas Harian Rara-rata (LHR) yang cukup tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk memeriksa tingkat kerusakan jalan menggunakan metode Road Condition Index (RCI) dan mencari faktor penyebab kerusakan jalan pada struktur perkerasan lentur, serta usulan penannganan yang dapat dilakukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif dengan melakukan penelitian di lapangan dan di laboratorium, yang selanjutnya dibandingkan dengan Job Mix Formula (JMF). Serta didapatkan saran penanganan. Dari hasil analisis data, didapatkan nilai tingkat kerusakan jalan menggunakan metode RCI rata-rata sebesar 4,90, dengan 7 macam kerusakan jalan, diantaranya kerusakan retak halus, retak kulit buaya, tambalan, lubang, pelapukan dan butiran lepas, sungkur, dan bergelombang. Serta faktor penyebab kerusakan pada struktur perkerasan jalan Jepara-Bangsri dengan nilai rata-rata stabilitas sebesar 834,57 kg yang berada dibawah nilai spesifikasi JMF sebesar 1032 kg, nilai flow sebesar 2,64 mm yang berada di bawah nilai JMF sebesar 2,93 mm, nilai marshall quotient sebesar 381,13 kg/mm yang berada di atas nilai spesifikasi JMF marshall 351,82 kg/mm, nilai rata-rata kadar aspal sebesar 7,09 % yang lebih besar daripada nilai spesifikasi JMF kadar aspal 5,51 %, dan rata-rata California Bearing Ratio (CBR) lapangan sebesar 5,98 % yang lebih kecil daripada spesifikasi CBR tanah dasar sebesar 6,00 %. Sehingga didapatkan usulan penanganan kerusakan jalan yaitu dapat dilakukan pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan peningkatan jalan.


Keywords


Kadar Aspal, Kerusakan Jalan, Pemeliharaan, Road Condition Index (RCI)

Full Text:

PDF

References


Andreas, D., & Gunawan, H. (2003). Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Ruas Jalan Mt Haryono Dan Mayjen Sutoyo Pada Tahun 2002 Dan Pemecahannya. Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia.

Anonim. (2018, April 8). Jenis Kerusakan Jalan, Faktor Penyebab Dan Penanganannya. Retrieved From Aboutacik: Https://Aboutacik.Blogspot.Com/2018/04/Jenis-Kerusakan-Jalan-Faktor-Penyebab.Html

Ariefiansyah, & Fitriawan, R. (2004). Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Parangtritis Daerah Istimewa Yogyakarta. Tugas Akhir.

Asriadi. (2011). Evaluasi Kegiatan Pemeliharaan Jalan Ditinjau Dari Jenis Perkerasan Dan Pola Penanganan Di Kabupaten Selayar. Universitas Sebelas Maret, Surakarta: Magister Teknik Sipil Konsentrasi Teknik Rehabilitasi Dan Pemeliharaan Bangunan Sipil Program Pascasarjana.

Daud, D. D. (2016). Studi Pengaruh Kualitas Lingkungan Geofisik Tanah Terhadap Kerusakan Ruas Jalan Polisi Militer - Jalan Kejora. Inersia, 52-69.

Departemen Pekerjaan Umum . (1987). Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

DPRD Prov Jateng. (2020, 1 17). Dprd Prov Jateng. Retrieved From Dprd.Jatengprov.Go.Id: Dprd.Jatengprov.Go.Id/2020/01/16/Rusak-Ruas-Jalan-Jepara-Bangsri-Segera-Diperbaiki/

RKPD. (2021). Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah 2021. In Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 23 Tahun 2020 (Pp. Ii-76). Jawa Tengah: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Saputro, D. A. (2014). Penentuan Jenis Pemeliharaan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik, 1-6.

Sumiati, & Hasan, A. (2013). Kerusakan Dini Lapisan Perkerasan Aspal Beton Ac-Bc . Pilar, 111-117.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217