Title:


KAJIAN PERBANDINGAN KELAYAKAN EKONOMI PADA PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU


Author:


Mail Imroatul Maghfiroh(1*)
Mail Evi Puspitasari(2)
Mail Ria Miftakhul Jannah(3)

(1) Tidar University, Indonesia
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


 

Jalan Magelang-Purworejo merupakan jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Purworejo di Provinsi Jawa Tengah. Di ruas jalan ini termasuk jalan dengan volume lalu lintas yang tingg idan dilalui oleh kendaraan berat. Kondisi eksisting jalan yang mengalami banyak kerusakan yang disebabkan oleh beban berlebih dari kendaraan. Sehingga perlu adanya penelitian mengenai perencanaan tebal perkerasan yang dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi di ruas jalan tersebut untuk meminimalisir kerusakan dan memberikan pelayanan jalan yang baik.

Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan merencanakan tebal perkerasan lentur dan tebal perkerasan kaku dengan mengacu pada Bina Marga Tahun 2017. Data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data lalu lintas harian dan dataiCBR untuk mengetahui daya dukung tanah pada ruas jalan tersebut. Sedangkan untuk menghitung perbandingan kelayakan ekonomi menggunakan metode InternaliRateiof Return (IRR).

Berdasarkan penelitian inilai Internal Rate of Returni (IRR) sebesar 16,3 % sedangkan untuk perkerasan kaku 21,8%. Keduanya memenuhi kelayakan ekonomi karena memiliki nilai yang melebihi tingkat suku bunga pada tahun ini yaitu sebesar 3,5%.Perkerasan kaku memiliki nilai IRR lebih tinggi dibandingkan dengan perkerasan lentur, sehingga jenis perkerasan kaku lebih sesuai untuk diterapkan.

Kata Kunci : Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Kelayakan Ekonomi, Internal Rate of Return (IRR)

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217