Title:


PENGARUH PENGGUNAAN FUEL CATALISATOR PADA MESIN BENSIN 4 LANGKAH DENGAN SISTEM TRANSMISI MATIC BERTEKNOLOGI VARIABLE VALVE ACTUATION (VVA)


Author:


Mail Alfanda Ahmad Romandona(1*)
Mail Sigit Joko Purnomo(2)
Mail Kun Suharno(3)

(1) , Indonesia
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Menurut data Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral konsumsi Bahan Bakar Minyak pada 2016 meningkat 2,76% menjadi 73,56 juta kiloliter dari tahun sebelumnya. Hal ini akan sangat berdampak pada lingkungan apabila penggunaan memiliki efesiensi yang rendah sehingga kualitas pembakaran menjadi tidak sempurna, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembakaran dengan memperbaiki kualitas dan efesiensi bahan bakarnya dengan penggunaan alat fuel catalisator. Tujuan pengujian ini untuk mengetahui perbandingan daya, torsi dan emisi gas buang kadar HC, CO, O2 dan  fuel catalisator sebesar 11,1 Hp dan 16,41 N.m. Penggunaan fuel catalisator terjadi penurunan emisi gas buang HC paling besar 66 Ppm, penurunan emisi gas buang kadar CO paling besar 0,16%,  penurunan emisi gas buang O2 paling besar 0,05% dan terjadi penigkatan emisi gas buang kadar CO2 sebesar 13,3 %.dengan penggunaan fuel catalisator dan tanpa penggunaan fuel catalisator yang dilakukan pada sepeda motor 1 silinder berteknologi VVA bahan bakar RON 90. Hasil pengujian menunjukkan perbedaan daya, torsi dan emisi gas buang, daya maksimal dan torsi maksimal yang dihasilkan tanpa penggunaan fuel catalisator  sebesar 9,9 Hp dan 16,06 N.m. Sedangkan daya dan torsi maksimal yang dihasilkan dengan penggunaan

Keywords


Fuel catalisator, Daya Torsi, Emisi gas buang

Full Text:

PDF

References


Aditya, Pradana. 2018. “Pengujian penggunaan Catalisator terhadap emisi gas buang mesin sepeda motor 4 langkah” Jurnal Vol 1 No 1-8. Semarang. Universitas Diponegoro.

Ahmaddani, L .2009 .Pengaruh penambahan Catalisator terhadap kinerja mesin Otto Berbahan Bakar Pertamax. Depok.Universitas Indonesia.

AR Spedd, 2021. Pedoman dan Spesifikasi Dynotest. Gedang anak, Ungaran, Semarang, Jawa tengah.

Arijanto, Heri Nugraha.2011.”Pengaruh penggunaan fuel catalisator pada prestasi mesin sepeda motor” Vol,13. No 1. 8-12.Semarang.Universitas Diponegoro.

BPS-RI.2017. Statistik Transportasi Darat. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Broquet The Foul Catalyst.2020. Daftar harga dan spek. Jakarta. PT Broquet Indonesia

Cengel, A. Yunus., Michael A. Boles. 2006. Thermodynamics an Engineering Approach Fifth Edition in SI Units Mc Graw Hiil Book Company: Singapore.

Harling, V. N. V., 2018, Pengaruh Jumlah Catalisator pada HCS dan jenis Busi Terhadap Daya mesin Sepeda Motor Honda Supra X 125, 3(1), Hal 1-4

Harjanto, N. 2008. Dampak Lingkungan Pusat Listrik Tenaga Fosil dan Prospek PLTN Sebagai Sumber Energi Listrik Nasional. Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir, Vol 1 No 1. ISSN 1979-2409. BATAN.

Heywood, J. B.,1998, Internal Combustion Engine Fundamentalas, New York: Mc.Graw Hill

Hidayat, W.,2012, Motor Bensin Modern, Jakarta : PT.Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217