Title:


Analisis Kebutuhan Fasilitas Pejalan Kaki Di Ruas Jalan Secang – Temanggung Kawasan Pasar Secang Kabupaten Magelang


Author:


Mail Rahim Wicaksono(1*)
Mail Woro Partini Maryunani(2)
Mail Evi Puspitasari(3)

(1) UNIVERSITAS TIDAR, 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0

Abstract


Trotoar merupakan suatu fasilitas penghubung bagi pejalan kaki. Trotoar ruas Jalan Secang – Temanggung depan Pasar Secang yang dijadikan penghubung memiliki kondisi yang kurang baik sehingga mengurangi minat pejalan kaki dalam menggunakan fasilitas pejalan kaki yang ada. Meningkatkan minat pejalan kaki memerlukan perbaikan kondisi fasilitas.

                   Perbaikan bisa dimulai denga perencanaan dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan pejalan kaki di lingkungan penelitian. Keinginan dan kebutuhan pejalan kaki berupa keaman, keselamatan, kenyamanan dan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan menganalisi kondisi trotoar serta tingkat pelayanan trotoar, mengetahui kebutuhan dan ekspektasi pengguna, dan mengetahui desain trotoar yang sesuai untuk lokasi penelitian.

                Hasil penelitian menunjukan kondisi trotoar mengalami kerusakan dan penyalahgunaan dihampir sepanjang badan trotoar, tingkat pelayanan trotoar (LOS) yang di dapat ditinjau dari laju arus adalah LOS A pada hari biasa dan LOS D pada hari pasaran, kebutuhan dan ekspektasi yang diinginkan pengguna adalah faktor infrastruktur. Desain trotoar yang digunakan adalah desain dengan pelebaran trotoar yang diberikan pembatas tiang berantai.

References


Sitanggang, Y., AS, S. & Kadarin, . S. . N., 2017. Pengaruh Pedagang Kaki Lima Terhadap Kenyamanan Pejalan Kaki Dalam Pemanfaatan Trotoar( Studi Kasus Jalan Jendral Urip Pontianak).

Bakri, I., Asyik, B. & Utami, R. K. S., 2013. Alih Fuungsi Trotoar Menjadi Tempat Pedagang Kaki Lima Jalan Z.A. Pagar Alam Banndar Lampung.

Bivina, G. R. & Parida, M., 2019. Prioritizing pedestrian needs using a multi – criteria decision approach for a sustainable built environment in the indian context. Department of Civil Engineering, Indian Institute of Technology Roorkee.

PUPR, K. P. U. d. P. R., 2018. Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Dalam: s.l.:s.n.

Rendy, G. T., 2011. Study Evaluasi Pelayanan Pedestrian Pada Jalan Urip Sumoharjo. s.l.:s.n.

Limpong, R., Sendow, T. K. & Jansen, F., 2015. Pemodelan Arus Pejalan Kaki (Trotoar).

Manopo, S., Timbielong, J. A. & Sendow, T. K., 2015. Analisis Tingkat Pelayanan Trotoar Ditinjau Dari Laju Arus Pada Ruas Jalan Sam Ratulangi Manado Untuk Segmen Ruas Jalan Rs Siloman - Monumen Zero Point Kota Mnado.


Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217