Title:


Earned Value Analysis Terhadap Biaya dan Waktu Pada Proyek Jalan (Studi Kasus: Proyek Peningkatan Jalan Batas Kabupaten Magelang-Kaliangkrik Batas Kabupaten Wonosobo)


Author:


Mail Fata Tunaida(1*)
Mail Fajar Susilowati(2)
Mail Ria Miftakhul Jannah(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Proses perencanaan hingga pengendalian proyek selama pelaksanaan proyek merupakan kegiatan paling penting dari proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja proyek dan memperkirakan biaya dan waktu sampai proyek selesai, serta menganalisis faktor penyebab keterlambatan pada proyek.

Teknik analisis yang digunakan yaitu Earned Value Analysis untuk mengetahui kinerja proyek dan memperkirakan biaya dan waktu sampai proyek selesai, serta Analisis Deskriptif untuk mengetahui faktor penghambat pada Proyek Peningkatan Jalan Batas Kabupaten Magelang-Kalingakrik Batas Kabupaten Wonosobo.

Hasil penelitian yang dilakukan dari minggu ke-1 sampai minggu ke-31 menggunakan metode earned value menunjukkan indeks varian dari aspek waktu yaitu, nilai SV minggu ke-1 sampai minggu ke-27 yaitu positif dan SPI>1, hal tersebut menunjukkan pelaksanaan proyek mengalami percepatan. Sedangkan nilai SV minggu ke-28 sampai minggu ke-31 bernilai negatif dan SPI<1, hal tersebut menunjukkan pelaksanaan proyek mengalami keterlambatan. Indeks varian dari aspek biaya menunjukkan, nilai CV minggu ke-1 sampai minggu ke-27 bernilai postif dan CPI>1, hal tersebut menunjukkan anggaran yang dikeluarkan lebih kecil dari anggaran rencana. Sedangkan nilai CV minggu ke-28 sampai minggu ke-31 bernilai negatif dan CPI<1, hal tersebut menunjukkan biaya pelaksanaan proyek lebih besar dari anggaran rencana. Perkiraan biaya sampai proyek selesai yaitu Rp. 26.805.349.000, yang mana lebih besar dari anggaran rencana sebesar Rp. 34.433.000. Sedangkan perkiraan waktu penyelesaian proyek yaitu 245 hari, yang mana proyek mengalami keterlambatan selama 5 hari dari jadwal rencana. Keterlambatan proyek terjadi karena beberapa faktor yaitu lingkup dan kontrak/dokumen pekerjaan (contract document), perubahan (change), peralatan (equipment), dan tenaga kerja (labors).

Keywords


Pengendalian Proyek, Metode Earned Value, Analisis Deskriptif, Perkiraan Penyelesaian Proyek, Faktor Penghambat Proyek

Full Text:

PDF

References


Budi Witjaksana, S. P. (2012). Analisis Biaya Proyek Dengan Metode Earned Value Dalam Proses Kinerja (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Universitas Katholik Widya Mandala Pakuwon Citi-Surabaya). Jurnal Teknik Sipil, 45-56.

Dedy Asmaroni, dkk. (2020). Penggunaan Metode Nilai Hasil (Earned Value Analysis) Terhadap Biaya dan Waktu pada Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan (Studi Kasus Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan PT. Graha Praja Kencana di Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan). Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 31-39.

Fauzy Nasution, dkk. Penerapan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept) dalam Pengendalian Proyek (Studi Kasus: Proyek Pembangunan dan Pengadaan Utilitas Gedung Jasindo).

Febri, E. R. (2015). Analisis Kinerja Biaya dan Waktu dengan Metode Nilai Hasil (Earned Value Analysis) Pada Pekerjaan Renovasi Tahap II Asrama Wana Mulia SMK Kehutanan Samarinda.

Hassan, Haekal. (2016). Faktor-faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Konstruksi dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Di Manado Town Square III). Jurnal Sipil Statik Vol. 4. No. 11.

Indri Meliasari, dkk. (2011). Earned Value Analysis Terhadap Biaya dan Waktu Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangunan Sarana / Prasarana Pengamanan Pantai).

Kartikasari, D. (2014). Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Metode Earned Value (Studi Kasus: Proyek Struktur dan Arsitektur Production Hall-02 Pandaan). Jurnal Teknik Sipil, 107-114.

Prasetya, E. B. (2018). Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi dengan Metode Critical Path dan Earned Value Management. RESISTOR.

Rauzana, Anita, dkk. (2016). Analisis Faktor-faktor Penghambat yang Berpengaruh Terhadap Waktu Proyek Irigasi Provinsi Aceh. Jurnal Teknik Sipil.

Sediyanto, A. H. (2017). Analisa Kinerja Biaya dan Waktu Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi Dengan Menggunakan Metode Earned Value (Studi Kasus Proyek Konstruksi Mall dan Hotel X di Pekanbaru). Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer.

Sudarsana, D. K. (2008). Pengendalian dan Jadual Terpadu pada Proyek Konstruksi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 117-125.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217