EVALUASI PENGARUH PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA JALAN RAYA (Studi Kasus : Stasiun Pondok Ranji 20+071, Jl. W.R. Supratman, Kota Tangerang Selatan)

Ari Trianto, Woro Partini Maryunani, Evi Puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan di perlintasan kereta api Jalan W.R Supratman, dengan tujuan untuk mengetahui besarnya tundaan dan panjang antrian serta model hubungan antara tundaan dan panjang antrian pada palang pintu perlintasan kereta di Kota Tangerang Selatan.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan selama tiga hari yaitu Senin, Jumat, dan Minggu di tiga lokasi berbeda yaitu Jalan W.R Supratman, dengan waktu pengamatan pada pukul 06.00-08.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB kemudian dianalisis menggunakan metode Gelombang Kejut.

Berdasarkan analisis didapatkan Nilai maksimum tundaan didapatkan jumlah tundaan tertinggi yaitu sebesar 2327,3 detik. Sedangkan untuk hasil analisa panjang antrian didapatkan panjang antrian tertinggi sebesar 9803,08 Meter.

Kata kunci: Perlintasan Sebidang, Metode Gelombang kejut, Panjang antrian, Tundaan, Model hubungan tundaan dan panjang antrian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217