Title:


STUDI KOMPARASI PENYAMBUNGAN KABEL FIBER OPTIK PADA KESTABILAN TRANSMISI SERAT OPTIK


Author:


Mail Aldi Nur Rohmat(1*)
Mail IbrahiM Nawawi(2)
Mail Bagus Fatkhurrozi(3)

(1) Universitas Tidar, 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Serat optik adalah media transmisi yang terbuat dari serat optik yang menggunakan cahaya untuk mengirimkan data. Cahaya yang digunakan adalah laser karena spektrumnya yang sempit, dan indeks bias kaca lebih besar dari indeks bias udara, sehingga tidak ada cahaya yang dipancarkan di dalam serat optik. Fiber optik untuk media transmisi memiliki jenis loss atau redaman yang berbeda-beda, salah satunya karena penyambungan pada fiber optik. Kekurangan dari penyambungan serat optik disebabkan oleh metode penyambungan yaitu metode fusi dan mekanis. Dalam tugas akhir ini, kita akan mempelajari pengaruh teknik penyambungan fusi dan penyambungan mekanis pada serat optik dan menentukan metode mana yang sesuai. Serat optik yang diamati menggunakan serat optik single mode dengan panjang 40m, 50m, 80 dan 100m. Pada penyambungan fusi, hasilnya tetap, yaitu 0,07 dB. Pada mechanical splicing hasilnya tidak tetap yaitu 0,13 dB dan 0,19 dB. Dari analisis hasil yang diperoleh, penyambungan dengan metode fusi menghasilkan redaman yang lebih kecil dibandingkan penyambungan dengan metode mekanis.

Full Text:

PDF

References


Darmawan, N. (2017). Analisa Pengembangan

Jaringan Fiber Optic Site Nangka Semarang.

Iswan Umaternate, M. Zen Saifuddin, Hidayat

Saman, R. E. N. (2016) ‘Sistem Penyambungan dan Pengukuran Kabel Fiber Optik Menggunakan Optical Time Domain Reflectometer ( OTDR ) pada PT . Telkom Kandatel Ternate’, Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Khairun Ternate, 3(1), pp. 1–10.

Agus Priyanto. 2019. Analisis Redaman Pada

Jaringan Fiber Optik Dengan Metode Link Power Budget Pada PT. Biznet.

Rahman Nugraha, 2006, “ Serat Optik “, Andi,

Yogyakarta,

Rahmah Dini Oktaviasari, Rachmah Dina O, Daniel

Setyo W, ”Teknik Penyambungan Serat Optik Dengan Metode Penyambungan Fusi”, Juli 2015.

Palais J.2007.fiber optic communications.Pearson

Prentice Hall.New Jersey

Crisp, J. dan E. (2005). Serat Optik. Erlangga,.

Mohammad Ahied, Dzulkiflih . 2016. Analisis

Penyambungan Fiber Optik (Fo)Dengan Metode Fusi Pada Jaringan Telekomunikasi Di Kampus Universitas Negeri Surabaya Ketintang.

Yosi Wismaya, Lucia Jambola, “Analisis Kinerja

Sistem Penyambungan Serat Optik Menggunakan Metode Fusion Splicing Pada Ruas Soreang-Nanjung”, Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, Vol. 3, No. 1, Mei 2018, pp. 62~70.

Rizka Albar, Zulfikar Muhammad Rizki, “Analisa

Pengaruh Teknik Splice Mekanik Dan Splice Fusion Fiber Optik Terhadap Redaman (DB) Pada PT. Telkom Indonesia Regional I Witel-Aceh, e-ISSN : 2615-5346, Journal of Informatics and Computer Science Vol. 6 No. 2 Oktober 2020.

Pamungkas, Canggih Ajika. 2016. Manajemen

Bandwidth Menggunakan Mikrotik Routerboard di Politeknik Indonesia Surakarta. Universitas Politeknik Indonesia Surakarta

Athailah. 2010.Mikrotik Untuk Pemula. Mediakita.

Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217