ANALISIS UNJUK KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN VARIASI CELAH KATUP

Rochman Tangguh Maulana, Trisma Jaya Saputra, Rany Puspita Dewi

Abstract


Penyetelan celah katup perlu dilakukan kembali seiring pemaikaian kendaraan yang sudah terlalu lama sehingga mengalami aus serta turunnya mutu berbagai elemen mekanisme katup. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui perbandingan celah katup bagi daya, torsi, serta pemakaian bahan bakar pada honda cb 100. Pada penelitian ini peneliti menggunakan parameter uji Dynotest. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil daya terbesar pada celah katup hisap 0,05 mm serta celah katup buang 0,10 mm sebesar 5,5 hp pada putaran mesin 8.000 rpm, sementara torsi terbesar yang diperoleh sebanyak 5,72 N.m dalam putaran mesin 4.000 rpm dengan ukuran celah katup hisap 0,05 mm serta celah katup buang 0,10 mm, dan pemakaian bahan bakar paling sedikit yang dihasilkan sebanyak 0,0512 kg/jam.hp dalam putaran mesin 5.000 rpm dengan pengunaan celah katup hisap 0,15 mm serta celah katup buang 0,20 mm.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217