Title:


Pengaruh variasi waktu pada proses anodizing terhadap kekerasan permukaan


Author:


Mail Imam Jati Nugraha(1*)
Mail Nani Mulyaningsih(2)
Mail Xander Salahudin(3)

(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


ABSTRAK: Aluminium yaitu komponen yang umum dimanfaatkan guna kebutuhan manufaktur dalam perusahaan otomotif sebab karakteristiknya yang lunak serta memiliki keunggulan pada massa yang cukup ringan, ulet, tahan karat, dan mudah difabrikasi daripada aluminium campuran yang lain. Tujuan dari penelitian iniialah untuk mengidentifikasi hasil percobaan bahan kimia komponen panel, mengidentifikasi pengaruh waktu pencelupan terhadap keras lapisan serta daya tahan aus pada elemen panel braket. Pada penelitian ini penulis mengamati dampak ragam masa dalam tahap anodizing terhadap tebalnya permukaan oksida serta kerasnya lapisan aluminium
dengan berbagai jenis waktu yaitu 15 menit, 20 menit, 25 menit, serta 30 menit pada tegangan 10 volt dan aliran listrik sebesar 3 ampere. Di samping itu, media yangdigunakan dalam tahapan tersebut yakni memakai asam sulfat (H2SO4).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji komposisi kimia, komponen kimia unsur utama yakni Aluminium (Al) sebanyak 98.37%, Silikon (Si) sebanyak 0,3939% berdampak bagi peningkatan kekerasan. Dari grafik uji ketahanan aus menunjukkan nilai rerata aus tertinggi terdapat pada spesimen setelah di anodizing selama 45 menit dengan nilai rata-rata 7,144 x 10-3 mm2/kg. Pada perolehan uji keras pada berbagai waktu menunjukkan bahwa nilai keras material akan bertambah dengan semakin lama variasi waktu tahapan anodizing.

 

Kata kunci: anodizing, aluminium, variasi, permukaan, aus


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217