Title:


STUDI KERUSAKAN STRUKTUR JEMBATAN BERDASARKAN NILAI PSEUDO SPECTRAL ACCELERATION (PSA) (STUDI KASUS PADA JEMBATAN PLOSO JOMBANG)


Author:


Mail SAYYIDATI NURHANIFAH(1*)
Mail Anis Rakhmawati(2)
Mail Dedy Firmansyah(3)

(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Komponen utama jembatan terdiri dari struktur timbunan jalan pendekat jembatan, bangunan bawah jembatan dan bangunan atas jembatan yang menjadi kesatuan. Studi ini hanya dilakukan untuk mencari tahu kerusakan pada struktur atas Jembatan Ploso Jombang melalui respon spektrum dinamik struktur. Beban yang diperhitungkan dalam analisis struktur adalah beban gempa, beban akibat berat sendiri dari jembatan, dan beban hidup dari lalu lintas. Pembebanan jembatan berdasarkan BMS (Bridge Management System) 1992 Bridge Desaign Code Vol. 1.

Analisis dinamis struktur jembatan dengan melakukan pembebanan dinamis respon spektrum, beban angin, faktor redaman, beban hidup dari lalu lintas. Dalam hal ini beban gempa diaplikasikan pada arah sumbu-x dan arah sumbu-y. Selanjutnya akan didapatkan besarnya gaya dalam yang terjadi pada struktur jembatan, kemudian dilakukan analisis respon spektrum sehingga diketahui nilai Pseudo Spectral Acceleration (PSA) baik saat kondisi normal maupun kondisi terdapat kerusakan. Kedua kondisi tersebut nantinya digunakan untuk membandingkan grafik nilai PSA yang akan ditampilkan dalam bentuk grafik.

Hasil analisis pada penelitian ini adalah jembatan masih dalam kondisi baik dan layak fungsi. Kemudian kerusakan yang terjadi akibat pengaruh gempa menghasilkan nilai PSA pada titik joint 1 dengan nilai 40213,661 mm/sec2. Dari hasil tersebut maka terdapat solusi yaitu penambahan faktor redaman berupa alat damper yang sesuai dengan kondisi maupun jenis bangunan yaitu LUD (Lock Up Device).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217