Title:


PERANCANGAN BATERAI SEPEDA LISTRIK DILENGKAPI DENGAN SISTEM MONITORING ARUS DAN PROTEKSI PENURUN TEGANGAN


Author:


Mail Brilian Satria Utama(1*)
Mail Arif Rahman Saleh(2)
Mail Ibrahim Nawawi(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Baterai yang digunakan sepeda listrik adalah baterai Lithium-Ion yang memiliki efisiensi lebih baik, lebih ringan, dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya total sepeda listrik, merancang baterai kemudian mengukur seberapa jauh jarak penggunaan baterai dari 100% sampai 10% menggunakan variabel gear satu, gear tiga, gear lima, dan memantau tegangan baterai setiap sel dan tegangan jatuh baterai. saat unit baterai sedang digunakan. Baterai yang digunakan adalah tipe 18650 dengan tegangan 3.7V dengan kapasitas 3000mAh dirangkai secara seri paralel menghasilkan 42V 12Ah. Metode yang digunakan untuk mencari jarak tempuh adalah dengan melakukan simulasi menggunakan software Matlab Simulink R2020a dan software Proteus 8 Pro.Hasil simulasi matlab Simulink didapatkan saat sepeda berjalan menggunakan gear satu jarak yang didapat 50,66 Km, kemudian saat sepeda berjalan menggunakan gear tiga jarak tempuh 76,39 Km, saat sepeda berjalan menggunakan gear lima jarak yang didapat sejauh 76,39 Km. 111,9 Km. Hasil simulasi Proteus 8 pro didapatkan pada saat baterai 100% tegangan sel baterai 4,22V, baterai 50%, tegangan sel baterai 1,75V, dan baterai mencapai 10%. tegangan sel baterai adalah 3,75V. yang diukur pada 3.48V. Kesimpulan dari kedua simulasi tersebut adalah semakin besar gear ratio maka semakin hemat konsumsi energi baterai dan semakin jauh jarak serta semakin banyak baterai yang digunakan maka semakin rendah tegangan sel baterai yang dipantau semakin berkurang.

Kata Kunci: sepeda listrik, pemantau, lithium-ion


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217