Title:


DESAIN MEKANISME PEMASUKAN SYNGAS DAN UJI UNJUK KERJA MOTOR DIESEL SISTEM BAHAN BAKAR GANDA BIODIESEL 100% - SYNGAS HASIL GASIFIKASI


Author:


Mail Hanif Nugroho(1*)
Mail Arif Rahman Saleh(2)
Mail Kun Suharno(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Pemanasan global merupakan efek dari penggunaan bahan bakar fosil yang disebabkan oleh gas buang yang keluar dari motor bakar. Bahan bakar fosil meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap bahan bakar. Untuk mengatasi keterbatasan bahan bakar fosil, dikembangkan bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan, contohnya teknologi bahan bakar ganda untuk mesin diesel. Model sistem bahan bakar ganda yang dipakai dalam pengujian adalah Combustion Air Gas Integration (CAGI) yang hanya dilakukan modifikasi pada bagian intake manifold dengan penambahan alat berupa mixer berjenis venturi. Perancangan venturi mixer menggunakan software berupa Solidworks dan Ansys Fluent 16.2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja dari mesin diesel JF- R180 sistem bahan bakar ganda dengan menambahkan mekanisme pencampuran bahan bakar menggunakan venturi mixer. hasil yang diperoleh adalah dengan menggunakan variasi venturi mixer diameter bagian tenggorokan h 17,6 mm 4 inlet syngas mensubtitusi penggunaan oleh biodiesel sebesar 18,44% pada pembebanan 2000 Watt dengan rata – rata subtitusi dengan menggunakan venturi mixer ini sebesar 14,78% nilai BMEP mengalami kenaikan rata – rata sebesar 5,58% dibandingkan dengan bahan bakar tunggal. Untuk nilai SFC mengalami kenaikan rata – rata sebesar 52,58% bila dibandingkan dengan bahan bakar tunggal. Efisiensi thermal juga mengalami kenaikan rata rata sebesar 35,3% bila dibandingkan bahan bakar tunggal. Hasil tersebut dihitung dengan menggunakan venturi mixer diameter bagian tenggorokan h 17,6mm 4 inlet syngas yang merupakan hasil optimal dari pengujian unjuk kerja mesin diesel JF-R180.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217