Studi Perkerasan Kaku Pada Kerusakan Jalan Danyang - Kuwu STA 05+200 - 06+350 Kabupaten Grobogan

Fahendra Agus Sutrisno, Evi Puspitasari, Ria Miftakhul Jannah

Abstract


ABSTRAK

Jalan Danyang – Kuwu merupakanijalanilintasiyangimenghubungkan Kecamatan Pulokulon dengan Kecamatan Purwodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kondisi daya dukung tanah tersebut dan merencanakan perkerasan kaku beserta dengan rencana anggaran biaya.  Di ruas jalan ini termasuk jalanidenganivolumeilaluilintas yang tinggiidan dilalui oleh kendaraaniberat. Kondisi eksisting jalan yang mengalami banyak kerusakan yang disebabkan oleh beban berlebih dari kendaraan dan daya dukung tanah yangirendah. Pada kondisi tersebut diperlukan penelitian mengenai perencanaan tebal perkerasan dan perbaikan daya dukung tanahsesuai dengan kondisi ruas jalan tersebut untuk meminimalisir kerusakan dan memperpanjang umur jalan.Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan merencanakan tebal perkerasan dengan mengacu Manual Desain Perkerasan Jalan. Data Primer yang digunakan yaitu data lalu lintas harian data CBR dan Data Sekunder analisa harga satuan Kabupaten Grobogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai daya dukung tanah 0,37 % serta dalam perencanaan tebal berdasarkan Metode Bina Marga didapat tebal 25 cm dengan tulangan tunggal berdiameter 8 mm, tie bar 70 cm jarak maksimum yang 75 cm dan menggunakan diameter 16 mm, dowel bar menggunakan diameter 32 mm, panjang atau 45 cm, dengan jarak 30 cm dan memerlukan biaya sebesar Rp 8.074.135.000,00.

Kata Kunci: CBR laboratorium, Perancangan jalan, Perkerasan kaku

ABSTRACT

Danyang – Kuwu is a road segement that connects Pulokulon with Purwodadi Area. This study aims to describing the condition of the soil bearing capacity and planning a rigid pavement, and arranging a budget plan. This road section has a high traffic volume and it is predominated by heavy vehicles. The existing condition of the road also has a lot of damage which is caused by the vehicles overload and the low bearing capacity of the soil. So, research on planning the structure of the pavement and repairing the bearing capacity of the soil is urgently needed to minimize the distress and extend the service life of the road. The method used the Road Pavement Design Manual referrence. The primary data which daily traffic data and CBR. The results showed that the value of the bearing capacity of the soil is 0.37% and the thickness of the pavement based on the Highways Method is 25 cm with single reinforcement with a diameter of 8 mm, tie bar 70 cm, a maximum distance of 75 cm and using a diameter of 16 mm, dowel bars using a diameter of 32 mm, length or 45 cm, with a distance of 30 cm and costs IDR 8,074,135,000.00.

Keywords: Road design, Bearing ratio, Rigid pavement



Keywords


CBR laboratorium; Perancangan jalan; Perkerasan kaku

Full Text:

PDF

References


Amran Yusuf, Surandono Agus. 2017. Analisa Daya Dukung Tanah (DDT) Pada Sub Grade / Tanah Dasar Studi Kasus Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara 38 Banjar Rejo Lampung Timur Batas Kota Metro. TAPAK Vol. 7, No. 1.

Aziz Mishbahul, Winarto Sigit, Cahyo Yosef, Candra Agata. 2019. Studi Analisa Perencanaan Perkerasan Lentur dan Rencana Anggaran Biaya Pada Proyek Jalan Ruas Tamblengan – Durjan Kabupaten Sampang. JURMATEKS Universitas Kediri. Vol. 2, No. 2, Hal. 2621 – 7686.

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen. Jakarta : Yayasan Badan Penerbit PU.

Direktorat Jenderal Bina Marga . 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Jakarta. Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2002. Pedoman Konstruksi dan Bangunan Pt T – 01 – 2002 – B. Jakarta. Kementrian Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2003. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T – 14 – 2003. Jakarta. Kementrian Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2013. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Jakarta. Kementrian Pekerjaan umum.

Elisabeth Lintong, Pengarepan Monica. 2018. Studi Perbandingan Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur Menurut Metode Pd T – 05 2005 – B dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus : Ruas Jalan BTS. Kota Manado – Tomohon). Jurnal Statik Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi. Vol. 6 No. 10 Hal 823 – 834.

Gardjito Edy. 2017. Studi Perencanaan Geometrik, Perkerasan Jalan dan Perencanaan Anggaran Biaya Pada Jalan Raya Kalidawir – Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir. Junal UkasRst Universitas Kadiri. Vol. 1, No. 2, Hal 94 – 101.

Hadijah Ida, Putra Dian. 2017. Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Ditinjau Dari Daya Dukung Tanah dan Volume Lalu Lintas Studi Kasus : Ruas Jalan Metro – Tanjung Kari Kecamatan Sekampung Lampung Timur STA 10 + 600 s/d 11 + 600). TAPAK Universitas Muhammadiyah Metro Lampung. Vol. 7, No. 1.

Jansyah Yan, Oktarina Devi, Feriyansyah, Dewi Fadilasari. 2019. Analisa Pengaruh Kerusakan Jalan Ditinjau Dari Nilai Daya Dukung dan Karakteristik Tanah Dengah Metode California Bearing Ratio (CBR) Studi Kasus : Ruas Jalan Campang Raya. Jurnal Rekayasa Teknologi dan Sains Universitas Malahayati. Vol. 3, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217