Title:


Pemodelan Banjir DAS (Daerah Aliran Sungai) Meduri Menggunakan SWMM (Storm Water Management Model)


Author:


Mail Faiz Aiza Formana(1*)
Mail Muhammad Amin(2)
Mail Arrizka Yanuar Adipradana(3)

(1) , Indonesia
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0 | PDF views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Banjir meebabkan masalah yang sangat serius salah satu peristiwa banjir terjadi di sungai Meduri pada 24 Mei 2021, banjir ini menyebabkan, ribuan rumah, sanitasi, lahan pekarangan, tegalan, persawahan, lahan tambak, infrastruktur jalan dan fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas terendam banjir, oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan pemodelan mengenai banjir di sungai meduri secara spesifik dan detail terhadap dampak kerusakannya.

Metode yang digunakan yaitu pemodelan banjir dengan SWMM dan simulasi numerik yang  dilakukan di Sungai Meduri sepanjang 7 km pada DAS Meduri. Data yang digunakan sebagai input adalah data parameter hidrologi dan parameter hidrolika. Data parameter hidrologi yaitu data historis hujan 15 tahun, dan debit AWLR. Parameter hidrolika yaitu ukuran penampang sungai, elevasi sungai, dan koefisien manning. Data ini digunakan untuk memprediksi dan kalibrasi banjir kala ulang untuk memvalidasi hasil simulasi Sungai Meduri.

Berdasarkan hasil penelitian pemodelan SWMM berdasarkan banjir kala ulang 1 tahun, dengan validasi yang dilakukan pada penelitian ini mendapatkan nilai standar error 0.83%, maka pemodelan pada penelitian ini sesuai dan relevan untuk simulasi Sungai Meduri dan debit terjadi sebesar 0.93 m3/s dan terdapat luapan di section1, section3, section7. berdasarkan evaluasi maka Sungai Meduri perlu dilakukan rehabilitasi dengan penanggulan sungai pada section1,section3, dan section7 dengan elevasi +5,23, +4,12, dan +7,26.


Full Text:

Untitled Untitled PDF

References


Afif Salim, M., & Bambang Siswanto, A. (n.d.). Penanganan Banjir Dan Rob Di Wilayah Pekalongan.

Al Amin, M. Baitullah. Pemodelan Sistem Drainase Perkotaan Menggunakan SWMM. Deepublish, 2020.

Al Amin, M. Baitullah. Pemodelan Sistem Drainase Perkotaan Menggunakan SWMM. Deepublish, 2020.

Hossain, S., Hewa, G. A., & Wella-Hewage, S. (2019). A comparison of continuous and event-based rainfall-runoff (RR) modelling using EPA-SWMM. Water (Switzerland).

Aprianto, W. K., Sanjoto, T. B., Tjahjono, H., & Artikel, I. (2019). Pemodelan Banjir Di Sub Daerah Aliran Sungai Banjir Kanal Timur Kota Semarang.

Faisal. (2020). Pemodelan Dan Visualisasi Tiga Dimensi Genangan Banjir Rob Akibat Dampak Kenaikan Muka Air Laut Pada Wilayah Kota Pekalongan


Article Metrics

Abstract view : 0 times
Untitled - 0 times Untitled - 0 times PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217