Title:


PERENCANAAN PERKUATAN LERENG MENGGUNAKAN DINDING PENAHAN TANAH (DPT) PADA RUAS JALAN BOROBUDUR-BIGARAN KABUPATEN MAGELANG


Author:


Mail Riyan Ramadhanti(1*)
Mail Yudhi Arnandha(2)
Mail Ali Murtopo(3)

(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Ruas Jalan Borobudur-Bigaran yang terletak di Kabupaten Magelang terdapat lereng yang membentang sepanjang jalan. Titik koordinat 7°38’27.77”LS dan 110°14’36.37”BT pada jalan tersebut sering terjadi longsoran yang dapat menutup akses dari atau menuju ke arah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan ke Kabupaten Magelang. 

Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui nilai keamanan lereng dengan menganalisis stabilitas lereng, kemudian perencanaan perkuatan lereng dengan dinding penahan tanah yang digunakan sebagai cara untuk menganggulangi kelongsoran, serta dianalisis stabilitas terhadap dinding penahan tanahnya.

Hasil analisis stabilitas lereng menggunakan software GeoStudio pada tanah dengan keadaan tak jenuh 0,538 dan keadaan jenuh 0,404. Keadaan tanah dengan nilai faktor keamanan tersebut berarti lereng sering terjadi longsoran dan tidak aman (FS < 1,07). Perencanaan perkuatan lereng dengan dinding penahan tanah tipe gravitasi dan kantilever nilai angka keamanannya yang memenuhi syarat hanya terhadap stabilitas terhadap guling, sedangkan tipe bronjong faktor keamanannya yang memenuhi syarat hanya pada stabilitas keruntuhannya. Perkuatan selanjutnya dilakukan dengan menambahkan fondasi mini pile di bawah perkuatan dinding penahan tanah tipe kantilever yang didapatkan nilai keamanan terhadap stabilitas geser 1,78; stabilitas guling 3,41; dan terhadap kapasitas daya dukung tanah 3,16. Penambahan fondasi mini pile yang dilakukan membuat semua nilai keamanannya menjadi aman terhadap ketiga faktor tersebut.

Kata kunci: Stabilitas lereng, faktor keamanan, dinding penahan tanah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217