Title:


ANALISIS SAMBUNGAN WOOD PLASTIC COMPOSITE (WPC) DARI KAYU JATI DAN PLASTIK HDPE ALAT SAMBUNG SEKRUP


Author:


Mail Nur Khoirul Anwar(1*)
Mail Yudhi Arnandha(2)
Mail Anis Rakhmawati(3)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Komposit plastik kayu atau sering dikenal sebagai WPC (Wood Plastic Composite) merupakan salah satu material komposit yang penggunaannya semakin populer untuk keperluan konstruksi sebagai pengganti kayu. Keterbatasan ukuran membuat WPC perlu menggunakan sambungan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kekuatan sambungan WPC Jati dengan menggunakan alat sambung sekrup.

Penelitian ini menggunakan sekrup dengan diameter 3,5 mm dan 4,0 mm dengan variasi penggunaan sekrup sebanyak 2 buah, 4 buah, 6 buah, dan 8 buah pada sambungan WPC untuk mengetahui perbandingan nilai tahanan lateral menggunakan sambungan geser satu irisan dan metode pengujian menggunakan ASTM D 5652-95. Hasil pengujian tahanan lateral didapatkan dengan metode 5% offset diameter. Pengujian dilakukan di Laboratorium Struktur, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Kota Magelang.

Berdasarkan hasil penelitian semakin besar diameter sekrup dan semakin banyak jumlah sekrup pada sambungan, maka akan meningkat kapasitas sambungan. Kapasitas sambungan terbesar didapatkan pada sambungan sekrup 4 mm dengan jumlah sekrup 2 buah yaitu kapasitas sambungan sebesar 366,36 N. Nilai tahanan lateral pengujian terbesar didapatkan pada sekrup diameter 4 mm dengan jumlah 4   buah, yaitu sebesar 1776,19 N.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217