Title:


Studi Eksperimental Penggunaan Capacitor Discharge Ignition (CDI) Rextor Terhadap Performa Motor Bensin 4 Langkah 150 CC


Author:


Mail Muhammad Nur Fajar(1*)
Mail Kun Suharno(2)
Mail Sigit Iswahyudi(3)

(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0

Abstract


Berkembangnya teknologi kini makin pesat, dimana memotivasi masyarakat guna membentuk inovasi. Berkembangnya teknologi pula dialami dalam aspek otomotif, utamanya dalam susunan pengapian dalam sepeda motor. Susunan pengapian yakni satu dari berbagai elemen sepeda motor dimana biasa terjadi perkembangan. Banyak cara meningkatkan performa sepeda motor salah satunya dengan mengubah sistem pengapian capacitor discharge ignition (CDI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan capacitor discharge ignition (CDI) rextor terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Penelitian ini menggunakan sepeda motor Viar Cross X 150 cc tahun 2015
dan menggunakan putaran mesin 3000-7000 rpm. Dari hasil penelitian ini diperoleh daya 10,1 hp pada kecepatan putar 7000 rpm, hasil torsi maksimal diperoleh 10,80 N.m pada kecepatan putar mesin 5000 rpm, sedangkan konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan 0,228 kg/jam pada kecepatan putar mesin 3000 rpm, dan hasil emisi gas buang sebesar 6,58% CO dan 652 ppm.
Klata kunci : daya, torsi, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang


Article Metrics

Abstract view : 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217