Title:


UJI KOMPARASI PEGAS COUNTINOUS VARIABLE TRANSMISSION PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR RON 92


Author:


Mail Muhammad Rizky Yusup(1*)
Mail Kun Suharno(2)
Mail Sri Widodo(3)

(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis terdapat beberapa keluhan yang dirasakan, hal yang sering dikeluhkan adalah performa yang kurang responsif. Banyak cara meningkatkan performa pada sepeda motor matic salah satunya mengganti spring pada countinous variable transmission (CVT).

Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah eksperimental, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pengaruh mengganti spring terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, dan emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor 110 cc dengan variasi spring racing. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat FI 110 cc dengan menggunakan putaran mesin 1500 – 2500 rpm.

Hasil yang diperoleh dari upaya penelitian yang telah dilakukan diperoleh daya terbesar pada spring racing 6,8 hp pada putaran mesin 2000 rpm, sedangkan torsi terbesar yang dihasilkan sebesar 29,91 N.m pada putaran mesin 1500 rpm dengan penggunaan spring racing. Pada konsumsi bahan bakar spesifik diperoleh nilai paling efektif pada rpm 1500 dengan angka 0,796 Kg/kW.Jam pada spring racing. Emisi gas buang mendapatkan hasil yang memenuhi standar CO dan HC pada variasi spring racing.

Kata kunci : daya, konsumsi bahan bakar, torsi dan spring

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217