Title:


SERAT IJUK SEBAGAI PENGUAT KOMPOSIT GUNA MENINGKATKAN NILAI KETANGGUHAN IMPAK


Author:


Mail Xander Salahudin(1)
Mail Catur Pramono(2)
Mail Moh Ibah Al Fauzi(3*)
Mail Sri Widodo(4)
Mail Sri Hastuti(5)

(1) Universitas Tidar, 
(2) Universitas Tidar, 
(3) Universitas Tidar, 
(4) Universitas Tidar, 
(5) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penggunaan serat alam sebagai penguat komposit dipilih sebagai pengganti serat gelas karena sifatnya yang ramah lingkungan dan biodegradable. Salah satu serat alam yang memiliki potensi baik sebagai bahan penguat komposit adalah serat ijuk. Tujuan dilakukan penelitian adalah menganalisis variasi fraksi volume serat ijuk terhadap kekuatan impak. Komposit dibuat dengan menggunakan metode hand lay up, orientasi serat acak, dan panjang serat ijuk 9 cm. Perlakuan terhadap serat ijuk sebelum pencetakan adalah proses alkalisasi serat menggunakan NaOH 5% selama 2 jam. Variabel penelitian yang digunakan adalah variasi fraksi volume serat ijuk sebesar 35%, 40%, 45% dan 50%. Hasil penelitian menunjukkan ketangguhan impak tertinggi diperoleh pada komposit serat ijuk dengan fraksi volume serat 50%, dengan nilai ketangguhan impak rata-rata 0,109 J/mm2 dan ketangguhan impak terendah pada komposit serat ijuk didapat pada fraksi volume 35% dengan nilai ketangguhan impak 0,043 J/mm2. Berdasarkan hasil, komposit serat ijuk memungkinkan digunakan sebagai bahan papan partikel, interior mobil, atau dashboard mobil.

Keywords


ijuk, impak, komposit, serat alam

Full Text:

PDF

References


X. Salahudin, "Kaji Pengembangan Serat Daun Pandan di Kabupaten Magelang sebagai Bahan Komposit Interior Mobil," Majalah Ilmiah Dinamika, vol. 37, no. 1, pp. 121-133, 2012.

S. Rodiawan and F. Rosa, "Analisa Sifat-sifat Serat Alam sebagai Penguat Komposit Ditinjau dari Kekuatan Mekanik," Bangka, 2016.

L. F. Aoladi, C. Pramono and X. Salahudin, "Analisis Pengaruh Perlakuan Alkali Terhadap Kekuatan Tarik dan Ketangguhan Impak Komposit dari Serat Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata) dengan Matrik Polyester," Mer-C, vol. 2, no. 2, pp. 22-31, 2019.

U. Surono and Sukoco, "Analisa Sifat Fisis dan Mekanis Komposit Serat Ijuk dengan Bahan Matrik Poliester," UJ, Yogyakarta, 2016.

M. T. Santoso, "Pengaruh Fraksi Volume Komposit Serat Mendong Terhadap Kekuatan Impak," Magelang, 2015.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2747-1217