Title:


QUALITY OF SERVICE (QOS) PADA GEDUNG E.01 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TIDAR DENGAN WIRELESS DISTRIBUTION SYSTEM


Author:


Mail Danur Setya Wardana(1*)
Mail Ibrahim Nawawi(2)
Mail Bagus Fatkhurrozi(3)

(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v1i1.3063| Abstract views : 19 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui Quality of Service jaringan wireless pada gedung E.01 Fakultas Teknik Universitas Tidar dengan Wireless Distribution System. QoS (Quality of Service) merupakan sebuah bentuk dari jaminan layanan atau kualitas dari suatu jaringan. QoS bertujuan untuk mengetahui kualitas jaringan wireless yang tersedia. Wireless Distribution System (WDS) merupakan sebuah sistem perluasan jangkauan jaringan wireless IEEE 802.11. Terdapat dua mode dalam WDS yaitu bridge point to point dan bridge point to multi point. Pengukuran kualitas layanan ini berdasarkan topologi yang telah dibuat mirip dengan topologi yang ada di gedung E.01 Fakultas Teknik Universitas Tidar. Parameter QoS meliputi throughput, delay (latency), dan packet loss yang hasilnya akan dibandingan dengan standarisasi TIPHON. Nilai rata – rata pengukuran throughput pada ketiga topologi  sebesar 88 %, sehingga throughput berada pada kategori sangat bagus. Nilai rata – rata pengukuran delay pada ketiga topologi sebesar 93,929 ms, berdasarkan nilai tersebut delay berada pada kategori bagus. Nilai pengukuran rata – rata packet loss pada ketiga topologi sebesar 4,54 %, nilai tersebut menandakan packet loss berada pada kategori bagus.


Full Text:

##Full Text##

References


Romadhon, Pratama. 2014. Analisis Kinerja Jaringan Wireless LAN Menggunakan Metode QoS dan RMA Pada PT Pertamina EP UBEP RAMBA (PERSERO). Universitas Bina Dharma. Palembang.

Irawan.2011. Analisis Teknis Kualitas Layanan Jaringan Internet Berbasis Hsdpa Indosat Im2 Wilayah Maguwoharjo, Depok, Dan Sleman. Yogyakarta.

Santosa, Budi. 2004. Manajemen Bandwidth Internet dan Intranet. Universitas Indonesia. Jakarta

Iskandar,dkk. 2015. Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus: UIN Suska Riau). Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v1i1.3063

Article Metrics

Abstract view : 19 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740