Title:


ANALISIS KORELASI DALAM PENENTUAN ARAH ANTAR FAKTOR PADA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DI KOTA MAGELANG


Author:


Mail Rheza Ari Wibowo(1*)
Mail Andriyatna Agung Kurniawan(2)

(1) Teknik Elektro, Universitas Tidar, 
(2) Teknik Elektro, Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v1i2.3552| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Angkutan umum merupakan salah satu dari pelayanan pemerintah yang bergerak dalam dunia transportasi, dimana operasionalnya diatur oleh pemerintah daerah setempat. Angkutan umum yang beroperasi di Kota Magelang terdapat 17 jalur pemberangkatan yang tersebar dari beberapa titik pemberangkatan. Guna meningkatkan pelayanan publik terhadap transportasi umum pihak pemerintah Kota Magelang melakukan evaluasi terhadap kinerja angkutan umum dengan cara melakukan survei statis di titik tertentu untuk melihat jumlah penumpang, faktor muatan (load factor), dan waktu sela antar angkutan (headway). Berdasarkan hal tersebut dilakukan pengujian untuk melihat apakah terdapat korelasi antara faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pelayanan angkutan umum di kota Magelang. Adapun Metode yang digunakan dalam melakukan uji korelasi yaitu dengan menggunakan adalah uji regresi linier dan uji regresi kuadratik. Hasil pengujian korelasi antara faktor headway dengan load factor metode kuadratik memiliki nilai lebih baik yaitu sebesar  = 0.227. Pengujian selanjutnya antara faktor headway dengan jumlah penumpang metode kuadratik juga terlihat lebih bagus dibandingkan dengan metode linier dengan memiliki nilai  = 0.797. Berdasarkan pengujian tersebut terlihat adanya korelasi hubungan antar faktor memiliki arah korelasi yang positif. Mengingat hasil yang terbaik adalah model kuadratik maka dilakukan uji lanjutan menggunakan korelasi pearson, dimana 3 dari 4 kategori penilaian yang dilakukan justru memberikan koefisien korelasi yang negatif. Hal tersebut memberikan makna apabila nilai headway nya tinggi maka nilai load factor dan jumlah penumpang rendah, begitu juga sebaliknya.

Full Text:

##Full Text##

References


Haryono, Sigit. "Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakarta." Jurnal Administrasi Bisnis 7.1 (2010): 1-14.

Telussa, Ade M., Elvinus R. Persulessy, and Zeth A. Leleury. "Penerapan analisis korelasi parsial untuk menentukan hubungan pelaksanaan fungsi manajemen kepegawaian dengan efektivitas kerja pegawai." BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan 7.1 (2013): 15-18.

Paiman. “Teknik Analisis Korelasi dan Regresi Ilmu-ilmu Pertanian”. UPY Press. 2019

Wijaya, Chandra, Martinus Edy Sianto, and Luh Juni Asrini. "Penentuan komposisi lapisan paving block untuk mendapatkan kuat tekan yang optimal." Widya Teknik 17.1 (2019): 8-13.

Azwar, Saifuddin. "Asumsi-asumsi dalam inferensi statistika." Buletin Psikologi 9.1 (2001).

Putra, Adris A. "Analisis Keseimbangan Jumlah Armada Angkutan Umum Berdasarkan Kebutuhan Penumpang." MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL 19.1 (2013): 1-12.

PT. Andalan Mitra Nusantara. 2018. “Penyusunan Dokumen Umum Lalu Lintas Angkutan Jalan (RUULJ) Kota Magelang. Magelang. Dinas Perhubungan Kota Magelang




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v1i2.3552

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740