Title:


Sistem Keamanan Untuk Penyandang Tunanetra Menggunakan Internet Of Things


Author:


Mail Ariska Cristiana Putri(1*)
Mail Dirvi Eko Juliando(2)
Mail Sulfan Bagus Setyawan(3)

(1) Politeknik Negeri Madiun, 
(2) Politeknik Negeri Madiun, 
(3) Politeknik Negeri Madiun, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v2i1.4001| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah kebutaan terbanyak di dunia setelah Ethiopia. Penyebab utama kebutaan di Indonesia disebabkan  oleh Katarak (0,78%), Glaukoma (0,12%), Kelainan Refraksi (0,14%), dan penyakit lain terkait usia lanjut (0,38%). Salah satu alat bantu untuk penyandang tunanetra yaitu menggunakan tongkat khusus berwarna putih dengan ada garis merah horisontal atau yang biasa disebut dengan the white cane. Namun tongkat tersebut hanya dapat digunakan untuk mengetahui rintangan yang ada di depan penyandang tunanetra. Oleh karena itu “Sistem Keamanan Untuk Penyandang Tunanetra Menggunakan Internet Of Things” dibuat untuk menanggulangi permasalahan yang ada. Cara kerja dari alat ini yaitu dengan input berupa sensor MPU 6050, sensor GPS dan push button SOS yang akan memproses data kemudian dikirimkan ke mikrokontroler Arduino Nano yang selanjutnya disimpan pada firebase melalui ESP 8266. Dengan adanya firebase, maka data yang ada dapat diakses sewaktu-waktu dan dikirim ke smartphone android kerabat. Sistem ini akan selalu terkoneksi dengan internet karena dilengkapi dengan mifi dan setiap satu alat yang terdapat sistem keamanan ini hanya bisa digunakan oleh satu orang penyandang tunanetra. Sistem kemanan ini telah dilakukan pengujian keseluruhan dengan rata-rata waktu pengiriman pada aplikasi 1,857 detik.


Full Text:

##Full Text##

References


Arvind R. Tamboli, Avinash N. Suryawanshi, Aman D. Bohra, Dipak D. Pal, Jagdish Y. Kapadnis. 2017. “IoT Based Smart Stick for Blind People”. India: IJARIIE Journal.

Hamdi, G., & Krisnawati. (2011). Membangun Aplikasi Berbasis Android "Pembelajaran Psikotes" Menggunakan APP Inventor. Jurnal Dasi.

Kolios, P., Panayitou, C., & G Ellinas, a. M. (2016). Data-Driven event trigger fot IoT applications. IEEE Internet Things J.

Lendrawati, M. (2016, September 29). Retrieved from App Inventor 2 - Tutorial Menampilkan Text yang Diinputan: https://maylendraw.blogspot.com/2016/09/app-inventor-tutorial-menampilkan-text.html. Diakses pada 13 desember 2018

Md. Wahidur Rahman, Rahabul Islam, Md. Harun Ar Rashid. 2018. “IoT based Blind Person’s Stick”. Bangladesh: Mawlana Bhashani Science and Technology University.

Mrs.M. Deepthi, P. Sowmya, N. Naga Mounika, K. Pavani Sai, N. Sripriya, N. Balasaida. 2018. "IOT Based Smart Stick with Voice Module". India: IJRASET Journal.

Tata Supriyadi. 2018. “Tongkat Pintar Sebagai Alat Bantu Pemantau Keberadaan Penyandang Penyandang tunanetra Melalui Smartphone”. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Zeeshan Saquib, Vishakha Murari, Suhas N Bhargav. 2017. "BlinDar: An Invisible Eye for the Blind People”. India:IEEE journal




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v2i1.4001

Article Metrics

Abstract view : 0 times
##Full Text## - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740