Studi Pengendali PI pada Vienna Rectifier 3 Fasa untuk Fast Charging Stations (FCHARs) Kendaraan Listrik

Wahyu Juliarto, Bagus Fatkhurrozi, Ibrahim Nawawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain FCHARs dengan vienna rectifier 3 fasa yang memiliki output sebesar 50kW dan dikendalikan oleh pengendali PI. Pada penelitian ini digunakan pengendali PI untuk mempercepat respon sistem dan mengurangi steady state eror. Hasil penelitian ini akan dibandingkan dengan vienna 1 fasa dan vienna rectifier 3 fasa tanpa pengendali PI. Untuk mentuning PI digunakan metode Zieglernichols osilasi dengan overshoot tidak lebih dari 25%. Metode osilasi ini mendapatkan nilai Kp = 0,45 dan nilai Ki = 0,0166. Pada penelitian ini, PI controller dengan tuning ziergler-nichols berhasil mengendalikan respon sistem dengan overshoot sebesar 19,5 % dan mencapai kondisi stabil dalam waktu 0,03 detik. Daya output yang dihasilkan dengan pengendali PI lebih besar jika dibandingkan dengan tanpa PI, yaitu sebesar 49980,68 W untuk pengendali PI dan 45348,60 W tanpa pengedali PI. Daya output yang dikeluarkan juga tiga kali lipat dari sistem satu fasa yang hanya sebesar 16670 W. Tegangan output yang dihasilkan yaitu sebesar 399,99 VDC dan arus output sebesar 124,97 A. Dengan menggunakan contoh baterai berkapasitas 50kWh, daya output yang dihasilkan juga mempengaruhi durasi pengisian yaitu 1 jam 0,3 detik untuk vienna rectifier dengan PI, 1 jam 6 menit tanpa PI dan 3 jam untuk sistem1 fasa

Full Text:

##Full Text##

References


Aissa, O., Moulahoum, S., Babes, B., & Kabache, N. (2017). Design and real time implementation of three-phase three switches three levels Vienna rectifier based on intelligent controllers. Applied Soft Computing, 56, 158-172.

Chakraborty, S., Vu, H. N., Hasan, M. M., Tran, D. D., Baghdadi, M. E., & Hegazy, O. (2019). DC-DC converter topologies for electric vehicles, plug-in hybrid electric vehicles and fast charging stations: State of the art and future trends. Energies, 12(8), 1569.

Dickerman, L., & Harrison, J. (2010). A new car, a new grid. IEEE Power and Energy Magazine, 8(2), 55-61.

MJ, K. K. (2012). Design, hardware implementation and control of a 3-phase, 3-level unity power factor rectifier (Doctoral dissertation, Indian Institute of Science Bangalore-560 012 India).

Nikouei, M. (2013). Design and evaluation of the vienna rectifier for a 5MW wind turbine system (Master's thesis).

Ogata, Katsuhiko. Teknik Kontrol Otomatis. 1997. Jakarta: Erlangga

RAMASAMY, S., & Reddy, D. (2017). Design of a three-phase boost type vienna rectifier for 1kW wind energy conversion system. International Journal of Renewable Energy Research (IJRER), 7(4), 1909-

Ramdhani, M. (2008). Rangkaian Listrik. In M. Ramdhani, Rangkaian Listrik (pp. 392-393). Ciracas, Jakarta 13740: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31002/jeecit.v2i2.5003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740