Title:


Analisis Sentimen Publik Indonesia Terhadap Motor Listrik pada Media Sosial Twitter


Author:


Mail Imam Adi Nata(1*)
Mail Damar Wicaksono(2)
Mail D. Jayus Nor Salim(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v4i1.7526| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak saat ini sedang ditekan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Pada tahun 2019, Presiden Joko Widodo meluncurkan program "Kendaraan Listrik Indonesia Goes to Campus" yang bertujuan untuk memperkenalkan kendaraan listrik kepada mahasiswa dan masyarakat luas di Indonesia. Program ini melibatkan beberapa perguruan tinggi dan perusahaan otomotif nasional dengan tujuan mempromosikan penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Riset mengenai analisis perbincangan publik tentang kendaraan listrik di media sosial menjadi perhatian para peneliti di seluruh dunia. Media sosial dapat digunakan sebagai sumber informasi tentang kampanye kendaraan listrik. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis tanggapan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah mengenai kendaraan listrik. Dalam penelitian ini, akan dibandingkan lima metode machine learning untuk analisis sentimen publik dan hasil dari analisis sentimen menggunakan metode yang terpilih akan diungkapkan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v4i1.7526

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740