Title:


SISTEM KENDALI KELEMBABAN PADA RUANG PENGERINGAN BAWANG MERAH BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO


Author:


Mail Annisa Amalia(1*)
Mail Ibrahin Nawawi(2)
Mail Sapto Nisworo(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, 
(3) Universitas Tidar, 
(*) Corresponding Author
10.31002/jeecit.v3i2.7527| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Peningkatan suhu bumi atau pemanasan Global (global warming) yang merupakan salah satu fenomena meningkatnya suhu bumi yang disebabkan oleh meningkatnya gas emisi. Hal ini membuat kondisi cuaca sudah tidak dapat diprediksi lagi. Oleh karena itu aktivitas manusia untuk mengeringkan bawang merah cukup terganggu dan menjadi sangat merepotkan apabila bawang merah yang telah dipanen tidak kering selama berhari-hari sehingga tidak dapat dikonsumsi atau langsung dijual. Bawang Merah ( Allium ascalonicum L) merupakan komoditas sayuran yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, dan mengandung protein, lemak, hidrat arang, kalsium fosfor dan besi. Komoditas ini bukan merupakan sumber kalori, akan tetapi memiliki kandungan minyak atsiri sehingga banyak digunakan oleh hampir setiap masakan untuk menambah cita, rasa dan kenikmatan makanan.   Pada penelitian ini bawang merah disimpan dalam tampah bambu pada suhu ruang dengan keadaan terbuka. Bawang merah sebagai bahan awal tidak bisa dijadikan sebagai variabel tetap karena hanya mempunyai masa simpan selama ±2 minggu, maka varietas bawang merah yang dipakai tidak bisa dipastikan seragam karena dibeli pada waktu yang berbeda, sehingga variabel tetap yang bisa dipertahankan adalah ketebalan  bawang merah.

Full Text:

PDF

References


Achmad Mirzarohman Z, 2013. Pengujian Alat Pengering Bawang Merah Menggunakan Kolektor Surya Bergelombang dengan Variasi Aliran Udara. Universitas Gadjah Mada

Astuti, S. M. 2008. Teknik Pengeringan Bawang Merah dengan Cara Perlakuan Suhu dan Tekanan Vakum. Buletin Teknik Pertanian, (13).

Darjat. 2018. Sistem Pengendali Suhu dan Kelembapan Pada Mesin Pengering Kertas. Universitas Diponegoro.

Dina, Sari Farah, Himsar Ambarita, Farel H. Napitupulu, Hideki Kawai. 2015. Study on Effectiveness of Continuous Solar Dryer Integrated with Desiccant Thermal Storage for Drying Cocoa Beans. Case Studies in Thermal Engineering 5 (2015) 32–40.

Dwi Marpuah. 2010. Pembuatan Prototipe Alat Pengering Pakaian Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Universitas Sebelas Maret.

Geankoplis C.J, Transpot Process and Unit Operations. Edition 3rd. Prentince-Hall International, inc.

Mc.Cabe, Warren L. 2002. Unit Operation of Chemical Engineering (4th Edition). Singapura; McGraw Hill International Book Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jeecit.v3i2.7527

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Universitas Tidar



e-ISSN : 2745-6412 p-ISSN : 2797-1740