Title:


NILAI SOSIAL PADA NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA KARYA TERE LIYE: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA


Author:


Mail Silvania Maydyawati(1*)
Mail Zainal Arifin(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v6i1.4061| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Hafalan Shalat Delisa merupakan novel yang terkenal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, (2) Memaparkan nilai sosial yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, dan (3) Bagaimana implementasi nilaiso sosial dalam Hafalan Shalat Delisa sebagai bahan ajar SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik catat, dan teknik simak. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan metode heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Struktur intrinsik tersebut meliputi tema, penokohan/tokoh, latar suasana, alur, dan sudut pandang. (2) Adapun dalam Novel Hafalan Shalat Delisa mengandung 9 nilai sosial. Nilai sosial yang terkandung yaitu kasih sayang, maaf-memaafkan, kepatuhan, musyawarah, gotong royong, rasa kemanusiaan, kebijaksanaan/keadilan, menghargai orang lain, dan tanggung jawab. (3) Unsur intrinsik dalam novel hafalan shalat delisa dapat dijadikan sebagai bahan ajar SMA kelas XII.


Full Text:

PDF

References


Al Ma’ruf. (2010). Pengkajian Sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Aminuddin (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensino.

Ardias, A. Y., Sumartini, S., & Mulyono, M. (2019). Konflik Sosial Dalam Novel Karena Aku Tak Buta Karya Rendy Kuswanto. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 47-56. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/29949

Astuti, R. D. (2016). Nilai Sosial dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Anantatoer. Jurnal Pesona, 2(1):1-7. https://doi.org/10.26638/jp.135.2080

Aulia, N. (2017). Nilai Sosial dalam Novel Jala Karya Titis Basino dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 126-133.http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/97/87

Endraswara, Suwardi. (2012). Filsafat Sastra. Yogyakarta: Layar Kata

Faruk (2016). Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hapsari, E. D., & Soleh, D. R. (2018). Nilai Sosial Budaya dan Nasionalisme dalam Novel Burung-Burung Manyar Karya YB. Mangunwijaya. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-15. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/3365/1869

Nurgiantoro, Burhari. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan IX. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Sastra dan Cultural Studies. Dempasar: Pustaka Pelajar.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra: Analis Psikologi. Surakarta: Sebelas Maret University.

Soekanto, Soerjono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali Press

Stanton, Robert (2016). Teori Fiksi Robert Stanton (Terjemahan Sugihastuti dan Rosi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsul, F. (2017). Moral Value Analysis in the Rainbow Troops Novel Written by Andrea Hirata. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri.

Widiasih, W., & Djokosujanto, A. (2020). Kaitan Konflik dan Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 63-76.http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6685

Yakub. (2015). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v6i1.4061

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.