Title:


Perancangan Mesin Pengupas Kopi Dengan Menggunakan Dua Rol Pengupas


Author:


Mail Afi Sodik(1*)
Mail Kun Suharno(2)
Mail Sri Widodo(3)

(1) Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Tidar, Indonesia
(2) Dosen Teknik Mesin Universitas Tidar, Indonesia
(3) Dosen Teknik Mesin Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 585 | PDF views : 0

Abstract


Suatu mesin perkakas memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan atau industri, karena pada dasarnya alat tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang erat kaitannya dengan industri. Salah satu contoh mesin perkakas adalah mesin pengolah kopi pasca panen. Penelitian ini bertujuan agar para petani dapat mengolah hasil panennya, dan bisa menambah nilai jual kopi.
Metode pelaksanaan pembuatan mesin pengupas kopi dengan menggunakan dua rol pengupas adalah perencanaan, persiapan bahan konstruksi mesin, motor listrik, gearbox, rantai sproket, gigi sproket, rol pengupas, roda gigi, plat besi, bantalan dan roda. Tahap selanjutnya adalah assembling mesin dan kedudukan mesin. Tahap berikutnya adalah pengujian alat, kemudian analisa data, pembahasan, seminar dan pelaporan.
Jika dilihat dari waktu, kecepatan putar 110 rpm lebih baik jika dibandingkan dengan kecepatan putaran 96 rpm. Waktu yang paling singkat juga ditunjukkan pada putaran 110 rpm, yaitu dengan waktu rata- rata 10,13 detik turun 17,17 %  dari kecepatan 96 rpm yang menempuh waktu rata- rata 12,23 detik. Kapasitas  mesin pengupas kopi yang paling baik adalah pada kecepatan 110 rpm, dengan data yang telah diambil yaitu pada kecepatan 96 rpm adalah 273,16 kg/jam, dan pada kecepatan 110 rpm mengalami kenaikan sebesar 16,99 % yaitu 329,08 kg/jam.

Full Text:

pdf

References


Basselo, D., Stenly Tangkuman, Michael Rembet, 2010, Optimasi Diameter Poros Terhadap Variasi Diameter Sproket Pada Roda Belakang Sepeda Motor, Universitas Sam Ratulangi.

Hudaya C., Wirabuana Cakra, Permana F. H., Hermawan H., Solihin I., 2010, Synchronous Motor, Universitas Indonesia.

Ian Hardiyanto Siahaan dan Amelia S, 2008, Setting Mesin Pengupasan Biji Kopi Untuk KebutuhanPengolahan Biji Kopi Di Daerah Perkebunan Agro Wisata KebunKopi Jawa Timur Berbasis Metode Fuzzy Logic, Yogyakarta.

Isdiyarto, 2010, Dampak Perubahan Putaran Terhadap Unjuk Kerja Motor Induksi 3 Phase Jenis Rotor Sangkar, Semarang.

Johannes M.S., Achwil P.M. dan Lukman A.H., 2013, Rancang Bangun Alat Pengupas Kulit Kopi Mekanis, Medan.

Niemann dan Winter, 1990, Elemen Mesin, Erlangga, Jakarta.

Palungan M.B., Julianus Dising dan Sudianto Lande, 2013,Desain Alat Pengupas Kulit Tanduk Kopi UntukMeningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Biji Kopi, Makassar.

Permentan, 2012, Pedoman Penanganan Pasca Panen Kopi, Jakarta

Sirajuddin, S., 2010, Analisis Eksperimental Ciri Kerusakan Roda Gigi Lurus Berbasis Spektrum Getaran, Palu.

Stolk dan Kros, 1994, Element Mesin, Erlangga, Jakarta.

Sularso dan Suga K., 2008, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Pradnya Paramita, Jakarta.

Talu S., Lisi F., Tumaliang H., Lily S. Patras, 2013, Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Ac Satu Fasa Dengan Menggunakan Thyristor, Manado.

Widyotomo S., H. Ahmad, S.T. Soekarno dan Sri-Mulato, 2011, Kinerja Mesin Pengupas Kulit Buah Kopi Basah Tipe Tiga Silinder Horisontal, Jember.


Article Metrics

Abstract view : 585 times
pdf - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2540-900X