Title:


STRATEGI PENGUATAN KINERJA PEMASARAN PENGRAJIN BATIK MELALUI PENGEMBANGAN MODAL SOSIAL PADA KAMPUNG BATIK KOTA SEMARANG


Author:


Mail Shintya Novita Rahmawati(1*)
Mail Andhatu Achsa(2)
Mail Rian Destiningsih(3)

(1) Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Indonesia
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Indonesia
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/rep.v3i2.1044| Abstract views : 297 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena penurunan yang signifikan pada penjualan batik para pengrajin batik. Diduga karena akses informasi pasar, jangkauan pasar, jejaring kerja, dan akses lokasi yang kurang mendukung perkembangan usaha pengrajin batik. Fenomena lain yang lebih serius adalah warga Kota Semarang yang masih belum banyak yang mengenal produksi batik di Kampung Batik Kota Semarang. Metode yang digunakan yaitu Internal-External (IE) Matrik, Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) Matrik, dan Quantitative Strategic Planning Matrik(QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi pengrajin batik di Kampung Batik Kota Semarang berada pada kuadran V (hold and maintain atau pertahankan dan pelihara) dengan nilai koordinat (2,480, 2,735) yang berarti pengrajin batik di Kampung Batik Kota Semarang memiliki kemampuan internal yang sedang dan eksternal yang sedang. Adapun tiga prioritas strategi tertinggi nilainya antara lain memberdayakan paguyuban untuk mensinergikan seluruh elemen yang ada di kampung batik maupun kampung jadul, meningkatkan branding dengan dilandasi adanya rasa memiliki, memberdayakan keberadaan organisasi serta dukungan pemerintah untuk mengorganisir semua pengrajin  untuk bergabung dan aktif secara bersama memajukan kampung batik yang dilandasi rasa percaya dan rasa memiliki.

Keywords


Kinerja Pemasaran, Modal Sosial, IE Matrik, QSPM Matrik

Full Text:

PDF

References


Andriani, Nurita. 2012. Model Hubungan Modal Sosial, Kompetensi Pemasaran (Marketing Intelligence dan Marketing Innovation) dalam Mempengaruhi Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.10. Nomor 1. Hal 50-59

Andriani, Nurita, Djumilah Zain. 2010. Pengaruh Modal Sosial, Kualitas Informasi, dan Kompetensi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Kecil Menengah Garmen di Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.8. Nomor 4. Hal 1031-1038

Ferdinand, Agusty. 2005. Modal Sosial dan Keunggulan Bersaing: Wajah Sosial Strategi Pemasaran. Pidato Pengukuhan. Disampaikan pada Upacara Penerimaan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Marketing pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang

Heliawaty, dkk. 2016. Modal Sosial: Peran, Unsur, Dan Pengaruhnya Terhadap Usaha Tani Padi “Pulu Mandoti” Di Enrekang. Seminar Nasional Unmas Denpasar 29-30 Agustus 2016.

Ismawanti, Eryanafita. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran dengan Faktor Lingkungan sebagai Variabel Moderat (Studi Pada Industri Kerajinan Batik Di Pekalongan). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Kementerian Koperasi dan UKM. 2015

Kuncoro, Mudrajad. 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia.

Mustofa, Mohammad Fajar. 2013. Peran Modal Sosial pada Proses Pengembangan Usaha (Studi Kasus: Komunitas PKL SMAN 8 Jalan Veteran Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang

Reed Kira Kristal, Narasimhan dan Doty Harpld D. 2009. Human capital and Social Capital to Impact Performance. Journal of Managerial Issues.Vol XXI.number 1 Spring.pp.36-57

Widjajanti, Kesi, Aprih Santoso. 2012. Pemodelan Kemitraan yang Berorientasi Pasar dalam Mendukung Peningkatan Kinerja UKM Industri Mebel. Fakultas Ekonomi/Manajemen. Universitas Semarang

Widodo. 2009. Model Pengembangan Human Capital Dalam Konteks Modal Sosial. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 13, Nomor 2. Hal 88-106

Gede Santanu, Made Kembar Sri Budhi, Made Sukarsa, I Gede Sudjana Budiasa. 2016. Role of Social Capital on the Performance and Competitiveness of Woodcraft Industry in Bali Province – Indonesia. International Journal of Management and Commerce Innovations. ISSN 2348-7585 (Online). Vol. 3, Issue 2, pp: 394-400, October 2015 - March 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rep.v3i2.1044

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

P-ISSN: 2541-433X E-ISSN: 2508-0205

Published by Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Tidar

View My Stats