Title:


AKSES KREDIT USAHA RAKYAT UMKM ANGGOTA KLASTER OLAHAN PANGAN KOTA SEMARANG


Author:


Mail Phany Ineke Putri(1*)
Mail erna probosiwi(2)

(1) Universitas Negeri Semarang, 
(2) universitas negeri semarang, 
(*) Corresponding Author
10.31002/rep.v3i1.791| Abstract views : 164 | PDF views : 0

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana faktor sosialisasi, jaminan, persepsi kualitas layanan KUR (orang-orang bisnis kredit), dan persepsi suku bunga yang mempengaruhi akses KUR ke UKM Food Processing Cluster di Semarang. Jumlah populasi penelitian adalah 105 orang, dengan 36 orang sebagai sampel. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan data primer. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Ordinary Least Square (OLS) sebagai alat untuk menganalisis data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi minat berpengaruh negatif terhadap akses KUR (usaha kredit orang). Persepsi kualitas layanan secara positif mempengaruhi akses KUR (bisnis kredit orang). Baik jaminan, maupun sosialisasi tidak mempengaruhi akses KUR oleh anggota klaster Pengolahan Makanan di Semarang. Pemerintah harus menurunkan tingkat bunga KUR dengan menambahkan subsidi bunga kepada bank yang menyediakan. Kualitas layanan bank dalam mendistribusikan KUR perlu ditingkatkan sehingga dapat menarik debitur untuk mengakses KUR, dan dengan demikian tujuan pemerintah pada program ini dapat dicapai untuk memberdayakan UKM dan mempercepat pengembangan sektor riil.

Keywords


kredit, bisnis, klaster, UKM, semarang

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. 2006. Laporan Akhir : Kajian Pembiayaan Dalam Rangka Pengembangan Klaster. Jakarta: Tim Penelitian dan Pengembangan Biro Kredit. Bank Indonesia. 2006. Laporan Akhir : Kajian Pembiayaann Dalam Rangka Pengembangan Klaster. Jakarta: Tim Penelitian dan Pengembangan Biro Kredit. Maryatmo, R ,dan Nyoman Yuyun Sri Rahayu. 2009. “Hambatan Penyerapan Kredit Usaha Kecil Studi Kasus Di Pasar Anyar I Singaraja Bali”. JEJAK,Vol 2 No.1. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Gujarati, Damodar N, dan Dawn C. Porter. 2013a. Dasar-dasar Ekonometrika. Edisi 5, Buku 1 Jakarta: Salemba Empat. ______ 2013b. Dasar-dasar Ekonometrika. Edisi 5, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. Damayanti, Meby, dan Latif Adam. 2015. “Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai Alat Pendorong Pengembangan UMKM di Indonesia”. Working Paper. Jakarta: TNP2K. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. 2014. Profil UMKM 2014 Wilayah Semarang. Semarang: Dinperindag Jateng.

Akses Kredit Usaha ( Phany Ineke Putri) 293 Djati, Setia Tjandra. 2015. Analisis Stratifikasi Klaster UMKM di Jawa Tengah. Salatiga : Satya Wacana University Press. Selamat, Zarehan, dan Abdul-Khadir Hazlina. 2012. Attitude and Patronage Factors of Bank Customers in Malaysia: Muslim and non-Muslim Views. Journal of Islamic Economics, Banking and Finance, Vol.8, (No.4) : 87-100.




DOI: https://doi.org/10.31002/rep.v3i1.791

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)

P-ISSN: 2541-433X E-ISSN: 2508-0205

Published by Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Tidar

View My Stats