Title:


PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SD N 1 SERAYU LARANGAN


Author:


Mail Wahyu Andhika Puteri(1*)
Mail Dita Ayu Maharani(2)
Mail Ayu Wulandari(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v1i1.3146| Abstract views : 120 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kesulitan belajar siswa selama pandemi COVID-19. Adanya pandemi COVID-19 mengubah kurikulum di sekolah. Perubahan yang paling signifikan ialah pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring lebih sulit bagi siswa. Kesulitan ini menimbulkan turunnya motivasi belajar siswa. Dibutuhkan adanya penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi penggunaan media audio visual atau video dalam pembelajaran secara daring dan 2) mendeskripsikan hasil peningkatan motivasi belajar siswa selama pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil kuisioner yang dibagikan kepada siswa pasca pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan total siswa mencapai 25 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar terhadap siswa dengan penggunaan media audio visual.


Keywords


media audio visual; motivasi belajar; siswa SD; pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Asmara, Anjar Purba. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Imliah Didaktika, 2015. Vol. 15, No. 2, 156-178

Embo, Estiana. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar. [Skripsi]. Universitas Negeri Makassar.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 2020. covid19.go.id. Diakses pada 20 Agustus 2020.

Mulyadi, Feebry Fahreza, Rendi Julianda. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal Visipena Vol. 8, No. 1, 131-146.

Presiden Republik Indonesia. 2005. Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005. Indonesia.

Siyoto, Sandu, M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.




DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3146

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.