Title:


PELATIHAN PEMBUATAN PELINDUNG WAJAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN BAHAYA COVID-19 MASYARAKAT DUSUN


Author:


Mail Enggrita Novialita Kelana Sari(1*)
Mail Ivan Bhayu Herlambang(2)
Mail Carolus Prima Ferri Karma(3)

(1) Universitas Tidar, Indonesia
(2) Universitas Tidar, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/abdipraja.v2i1.3147| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Wabah Novel Coronavirus COVID-19 baru-baru ini menyebabkan ketakutan di seluruh dunia karena sifatnya yang fatal. Pandemi COVID-19 berdampak secara global dan juga di Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang warganya banyak terdampak oleh virus ini. Kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19 dan kurangnya edukasi menjadi alasan adanya kegiatan penyuluhan pembuatan pelindung wajah. Tujuan dilakukan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kesadaran akan bahaya COVID-19 Banjarsari, khususnya Dusun Jumblangan XIV. Terdapat 3 kegiatan utama pada pengabdian masyarakat ini, yaitu hari pertama sosialisasi tentang bahaya COVID-19  dan pemberian contoh fisik dan langkah-langkah umum pembuatan pelindung wajah. Kegiatan kedua yaitu dengan pemberian bahan-bahan, dan kegiatan ketiga melakukan pendampingan untuk pembuatan pelindung wajah. Kegiatan ini dilakukan semi daring dengan menggunakan aplikasi Whatsapp dan Youtube mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan adanya pengurangan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Hasil dari kegiatan ini dapat dilihat bahwa lebih banyak masyarakat yang lebih waspada dengan adanya virus corona.


Keywords


COVID-19; pelindung wajah; pandemi; penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Arditama, E., & Lestari, P. (2020). JOGO TONGGO: MEMBANGKITKAN KESADARAN DAN KETAATAN WARGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI JAWA TENGAH. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 157-167.

Armiani, S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Pidiawati, B. Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1).

Eniyati, S., & Santi, R. C. N. (2010). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen Berdasarkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dinamik, 15(2).

Ginting, R., Huda, M., Drifanda, V., & Affandi, A. R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Jungsemi di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer dan Pelindung Wajah. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 1(1).

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 85




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3147

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.